Header Ads

"Pohon Machineel" Pohon Kematian Yang Hampir Punah

Pohon Machineel
Pohon Machineel - Sumber gambar : Media Kita
Plinplan.net - Ngomongin tentang  jenis flora yang ada di dunia memang tidak ada habisnya sob. Ada jutaan jenis tumbuhan yang tersebar dibelahan benua. Jangannya di luar negeri, di Indonesia saja jumlahnya bisa puluhan ribu. Kamu pasti tahu Bunga Raflesia bukan ? Bunga yang sangat terkenal karena ukuran dan aroma yang khas. Seperti halnya di Indonesia, di Spanyol ada salah satu pohon yang juga unik tapi menyeramkan.

Pohon Machineel adalah salah satu pohon yang dikenal sebagai pohon kematian. Benar saja karena memang pohon ini memiliki kadungan yang bisa membuat orang yang terkena bagian dari pohon ini bisa menderita. 

Di Spanyol pohon seperti ini dikabarkan mulai langka. Meskipun cukup berbahaya namun pohon ini cukup membuat banyak orang penasaran loh guys. Nah, dalam bahasa Spanyol pohon ini disebut dengan arbol de la muerte yang artinya pohon kematian. Bahkan Guinness World Records mencatat Pohon Machineel ini menjadi pohon yang paling berbahaya di dunia. Wah wah wah, menyeramkan juga ya sob.

Menurutu Florida Institute of Food and Agricultural Sciences pohon machineel semua bagiannya merupakan racun yang cukup mematikan. Itu sebabnya sob, jika kamu menemui pohon tersebut akan ada papan nama yang menjelaskan adanya pohon berbahaya ini, dan diperingatkan untuk menghindar dari pohon machineel ini.

Buah Pohon Machineel
Buah Pohon Machineel - Sumber : Aneka Cara Praktis
Getah dari pohon machineel ini dapat menyebabkan kulit menjadi melepuh layaknya luka bakar. Jangan mencoba-coba untuk berteduh di bawah pohon machineel ini, karena air yang sudah mengenai pohon tersebut kemudian jika terkena kulit juga masih akan menimbulkan rasa terbakar. Jangankan kulit sob, air hujan yang menjatuhi pohon ini dan kemudian menetes di mobil atau sepeda motor, maka lapisan cat kendaraan bisa langsung rusak.

Pohon Machineel ini memiliki buah juga loh sob. Namun, buahnya ini pun ternyata sangat berbahaya. Jika buah ini termakan, maka tenggorokan akan terasa terbakar dan bisa menyebabkan kematian. Wih, ngeriiii ....

Meskipun tampak seram, tukang kayu di Karibia ternyata cukup berpengalaman dengan kayu dari pohon Machineel ini. Kayu pohon kematian itu diolah menjadi beragam furniture yang menarik. Mereka telah mampu menetralisir racun yang terkandung di dalamnya. Sayangnya, pohon ini sudah mulai langka. Tak seharusnya furniture tetap dibuat dengan kayu pohon machineel ini. 

Pohon kematian ini memang tampak menyeramkan, tapi apakah hal ini menjadikan pohon ini tak layak dilestarikan ? 

/Fajar Umarsandi

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.