Header Ads

Jadi Jutawan Cuma Modal Nulis

6 Tips Hemat Duit Menjelang Lebaran

Plinplan.net - Wah, beberapa minggu lagi nih lebaran, hehe ... sudah sampai mana nih persiapannya? Ada yang mungkin berencana untuk mudik? Menggunakan kendaraan umum apa pribadi nih? Yang pasti keduanya membutuhkan biaya yang lumayan, apalagi diwaktu bulan Ramadhan dan menjelang Lebaran Idul Fitri. 

Uang tumpukan |
Uang tumpukan | Sumber gambar dari komunitas.bukalapak.com

Nah, bagi kamu yang mungkin berkantong pas-pasan dan juga mungkin masih belum mendapatkan THR tahun ini tentu akan sangat sulit bukan? Nah, admin akan coba untuk memberikan tips nih sesuai dengan pengalaman yang pernah admin lalui yah.

Tips Hemat Duit Menjelang Lebaran

1. CERMATI KEUANGAN KAMU
Pertama, hal yang paling penting yang wajib kamu lakukan adalah dengan mencermati seberapa banyak rezeki yang kamu miliki saat ini. Hal ini diperlukan untuk menyesuaikan keuangan kamu nantinya dan kemudian akan dibreakdown sesuai kebutuhan kamu sob. Bagilah rincian keuangan kamu, mulai dari keutuhan sewa rumah, makan sehari-hari, beli kebutuhan bulanan hingga pembiayaan lain yang mungkin juga penting. 

2. PISAHKAN UANG TABUNGAN DAN UANG UNTUK KONSUMSI HARIAN
Sepele namun ini penting sob. Terkadang kita mengabaikan hal ini. Ujung-ujungnya kamu akan menyesali ketika tanggal tua dan uang semakin menipis karena salah strategi. Nah, tipsnya kamu bisa pisahkan terlebih dahulu. Usahakan ini dilakukan sesaat setelah gajian. Bikin sebuah plan untuk bulan depan. Kira-kira kamu akan membeli apa atau ada kebutuhan apa? Baik yang rutin bulanan hingga kebutuhan lainnya. Itu wajib yah sobat jika kamu memang berniat melakukannya. Kamu juga bisa menggunakan ATM biasa leih dari beberapa kalui.

3. BAWA UANG CASH DAN HINDARI KARTU KREDIT
Penggunaan kartu kredit hanya membuat kamu semakin merasa memiliki tanggungan yang berat. Nah, agar tidak membengkak kamu bisa membawa uang cash yang sudah disesuaikan untuk membeli kebutuhan kamu. Jangan membawa uang yang berlebihan, tetap jaga pengeluaran agar sesuai dengan planning yang sudah dibuat. Jika lebih, bisa kamu simpan atau menggunakan kebutuhan lainnya.

4.  JANGAN SERING-SERING KE MALL
Yah, kalau mau lebaran wajar donk belanja terus. Tapi, kamu jangan sampai kelewat batas guys. Nah, untuk menjaga hal itu maka kamu hindari tempat-tempat yang menyediakan barang-barang yang kamu sukai. Mencegah lebih baik loh sob, dari pada menyesal nantinya. 

Kenapa? Yah sederhananya jika kamu bawa teman, sahabat, saudara bahkan pasanngan kamu tentu saja akan ada pembiayaan lebih. Bukannya tidak boleh, tapi jika terbiasa maka kamu akan khilaf untuk menjaga pengeluaran kamu. Jika kamu belanja sendiri maka kamu bisa atur perbelanjaan kamu sesuai dengan planning yang sudah kamu susun. Sehingga kamu bisa membatasi pembelian secara paksa. Jika ini bisa berjalan sesuai dengan schedule hingga ini menjadi hal yang biasa maka hidup kamu akan baik-baik saja.

6. MINTA BANTUAN DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI WALLET
Aplikasi untuk membantu kamu dalam mengatur keuangan kamu. Aplikasi. Aplikasi Wallet banyak tersedia di google play store. Jika kamu bisa konsisten dengan plan dan aplikasi yang digunakan, maka keuangan kamu menyambut hari raya akan bisa terjaga, Diberbagai aplikasi wallet / dompet memang memberikan kelebihan yang berbeda. Namun, semuanya memiliki fungsi yang sama. 


Nah itu dia 6 tips yang bisa kamu coba. Dengan cara demikian uang saku untuk lebaran atau mudik bisa teratasi. Mungkin masih banyak cara lain yang sesuai dengan kebiasaan sehari-hari kamu yang bisa diterapkan untuk bisa menghalau keingingan berbelanja. 

Bagaimanan menurut kamu nih sobat planner

/Fajar Umarsandi
                                                                                                                      

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.