Header Ads

Jadi Jutawan Cuma Modal Nulis

(Tips Ramadhan) 4 Cara Mudah Bangun Saat Sahur Untuk Anak Kos

Tips Bangun sahur bagi anak kos
Tips Bangun sahur bagi anak kos | Sumber gambar plaza.rakuten.co.jp
Plinplan.net - Hayo bagi kamu yang puasa di kos kosan, bisa rutin untuk sahur gak nih? Memang sih, sahur adalah sunah, boleh saja jika kamu tidak selalu rutin makan sahur. Namun, yakin nih kamu tidak selalu sahur karena alasan bukan kewajiban? Bisa jadi alasan utamanya adalah karena kamu mungkin sangat sulit untuk bangun sahur?. Nah, kali ini admin ingin mencoba memberikan beberapa tips ramadhan yaitu tips untuk mengatasi sulit bangun saat sahur khusus untuk anak kos-kosan nih.

Kira-kira kamu sendiri termasuk orang yang sulit untuk bangun tidak? Sahur bisa jadi hal yang penting bagi anak kos yang biasanya sering banyak aktifitas di siang harinya. Tentunya untuk selalu menjaga stamina ketika siang hari bukan? Jika tidak sahur, wah bisa-bisa kamu tidak ketemu yang namanya buka puasa karena sudah terlanjur batal di siang bolong, kan sayang banget jika sampai batal karena hal sepele. Yo i gak cuy???

Oke, inilah tips untuk bangun sahur bagi kamu anak-anak kos.

1. NIAT

Niat
Niat | Sumber gambar islamic-center.or.id
Yang pasti kita harus niat dulu. Percaya atau tidak, niat ini sangat mempengaruhi kesuksesan kamu untuk bisa bangun sahur tepat waktu. Pastikan kamu lakukan ini sesaat sebelum tidur. Dari pengalaman yang sudah-sudah ketika kamu berniat untuk bangun maka biasanya kamu akan bangun bahkan sebelum alarm itu berbunyi. Kuasa Allah memang luar biasa di sini, karena tujuan kita adalah untuk beribadah kepada-Nya.

2. JAM WEKER

jam weker
jam weker | Sumber gambar pixabay.com
Jika kamu membutuhkan alat bantu mungkin kamu bisa menggunakan metode lama. JAM WEKER merupakan tips ampuh, namun kadang masih bisa diignore oleh si empunya karena masih saja malas. Caranya adalah kamu bisa meletakkan sedikit lebih jauh dari tempat tidur. Setidaknya untuk mematikan alarm kamu harus melakukan sebuah gerakan. Walhasil mau tidak mau kamu harus berjalan untuk memeatikan alarm Jam Weker tersebut. Cukup ampuh bukan dan mudah diterapkan di rumah.

3. ALARM SMARTPHONE

Alarm Smartphone
Alarm Smartphone | sumber gambar techno.id
Ini mah bisa langsung kamu coba. Atau mungkin kamu sudah sering menggunakan alarm Smartphone kamu sendiri setiap hari. Tapi, survey membuktikan kamu pasti masih memilih menunda atau mematikan alarm dan kembali memejamkan mata. Betul tidak ? Nah, supaya hal ini menjadi sedikit lebih sulit, kamu bisa menaikkan levelnya. Yaitu dengan cara menambah jumlah alarm. Smartphone kamu pasti bisa donk ditambah jumlah alarmnya, mungkin bisa ditambah menjadi 5 atau lebih. Dengan ini mungkin kamu tidak akan tidur dengan nyenyak setelah alarm pertama berbunyi. Resultnya, taraaaaa... kamu bisa bangun meski berasa pingin membanting smartphone kamu hehhe....

4. APLIKASI THIRD PARTY FOR SMARTPHONE

Belakangan cukup banyak cara-cara unik dengan aplikasi yang ada pada google play store atau appstore. Nah, jika alarm seperti di atas tadi belum bisa membangunkan kamu karena masih cukup mudah untuk mematikannya, mungkin dengan cara berikut ini kamu bisa benar-benar bangun untuk sahur setiap paginya. Ok admin kasih beberapa rekomendasi nih aplikasinya yang dilansir dari jalantikus.com

a. Timely Alarm Clock

Aplikasi Timely Alarm Clock
Aplikasi Timely Alarm Clock | Sumber gambar jalantikus.com
Aplikasi ini cukup unik karena kamu bisa melakukan personalisasi sesuai keinginan kamu baik suara alarm hingga metode mematikan alarmnya. Kamu bisa memilih dengan menggunakan puzzle, pattern  dan pilihan lainnya. So, jika kamu mau benar-benar bangun, cobalah aplikasi ini dengan setting puzzle, dijamin mikir dulu deh buat bisa matiin alarm ini.

b. SpinMe Alarm Clock
SpinMe Alarm Clock
SpinMe Alarm Clock | Sumber gambar jalantikus.com
Jika aplikasi Timely tadi lebih banyak menggunakan otak untuk bisa mematikan bunyi alarm, berbeda dengan SpinMe yang mewajibkan kamu untuk bergerak demi mematikan bunyi alarm. Cukup sadis sih karena mau tidak mau kamu harus berdiri dan melakukan gerakan memutar sesuai dengan petunjuk yang ada di layar aplikasi smartpone tersebut.


Nah, itu dia 4 rekomendasi tips untuk membangunkan sahur bagi anak kos. Tentu saja masih banyak cara lain yang bisa dilakukan untuk membangunkan kamu yang mejadi penghuni kos. Contoh lainnya adalah kamu bisa minta tolong, pacar, saudara bahkan orang tua untuk bisa membangunkan kamu saat sahur. Masih ingat meme tentang alarm terbaik bukan ? "Ibu merupakan alarm terbaik disaat kamu minta dibangunkan jam 5 maka Ibu akan membangunkan jam 4 dan mengatakan bahwa ini sudah jam 8." So, yuk biasakan untuk sahur agar kualitas puasa ramadhan kita bisa semakin mantap. Semoga taqwa kita semakin baik di ramadhan tahun ini. Amin...


/Fajar Umarsandi

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.