Header Ads

Jadi Jutawan Cuma Modal Nulis

Ternyata Menyimpan Handphone Dalam Keadaan Menyala Di Jok Motor Itu Bahaya

Motor meledak karena handphone
Motor Meledak | Source Harian Jogja | JIBI photo
Plinplan.net - Siapa yang suka menyimpan ponsel di bawah jok motor hayo ? Setelah membaca ini sebaiknya kamu pikir-pikir lagi deh untuk menyimpannya di bawah jok lagi. Pasalnya itu bisa membahayakan diri kamu sendiri loh. Gak percaya ? Ada kejadiannya loh sob yang memang terjadi karena indikasi ponsel yang diletakkan di bawah jok.

Nah, mungkin kamu juga pernah melihat tanda larangan menggunakan ponsel di SPBU atau pom bensin. Itu bukan sekedar hiasan yah sob, ada alasan kenapa hal tersebut harus diatur ketika mengisi bahan bakar. 

Alasannya nih sob, ponsel bisa menyebabkan panas. Bahkan, untuk beberapa ponsel atau smartphone ada yang menimbulkan panas yang berlebih. Panas ini jika dekat dengan sumber atau bahan yang mudah terbakar seperti bensin bisa menyebabkan ledakan dan kebakaran. Seperti yang dikatakan anggota dari Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI), Djoko Sutijowarno bahwa "meletakkan. handphone di jok motor bisa membahayakan keselamatan. Karena handphone bisa mengalami panas berlebih dan menyebabkan kebakaran bahkan ledakan."

Djoko juga menjelaskan bahwa tindakan seperti ini melanggar undang-undang. Waduuuh nngeri juga yah sob. Ada pada Pasal 58 UU 22/2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan menyebutkan, setiap kendaraan bermotor yang dioperasikan di jalan dilarang memasang perlengkapan yang dapat mengganggu keselamatan lalu lintas.

Tuh, ternyata keteledoran kita itu ada aturannya. So, jangan dibiasakan deh untuk menyimpan handphone di dekat tempat yang berbahaya. Sebaiknya kamu simpan di kantong atau tas saja yah agar lebih aman.

Mungkin kamu juga pernah melihat berita di bawah ini tentang kecelakaan naas yang menimpa pengemudi motor matic ini. Diberitakan di berbagai media sosial bahwa pengemudi tewas karena ledakan yang dipicu dari ponsel yang disimpan di bawah jok. Ngeriiii....

Jangan sampai kamu celaka, atau jika tidak kamu bisa dapat hukuman jika terbukti ada pelanggaran yang sesuai dengan aturan perundangan di atas tadi. So, bagaimana menurut kamu nih sobat planner

/Fajar Umarsandi

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.