Header Ads

Jadi Jutawan Cuma Modal Nulis

Ini Dia 5 Untung Rugi Tinggal di Apartemen

Apartemen | Sumber gambar : infobisnisproperti

Bagi kamu warga Jakarta mungkin mencari tempat tinggal yang ideal bukanlah hal yang mudah. Dekat dari lokasi kerja dan jauh dari kemacetan merupakan idaman tempat tinggal tengah kota yang kecil kemungkinan bisa di dapatkan di kota besar seperti Jakarta. Itu sebabnya apartemen menjadi solusi dari permasalahan tempat tinggal ini. Bagi kamu yang mungkin belum pernah tinggal di apartemen perlu tahu nih untung ruginya tinggal di apartemen.

Minat masyarakat yang tinggi untuk bekerja di Jakarta tentu menjadi salah satu alasan kuat kenapa apartemen menjamur. Dengan tersedianya lokasi yang ideal tengah kota dan mungkin tidak terlalu luas bisa menjadi salah satu pesona developer untuk membangun sebuah apartemen dengan jumlah lantai yang aduhai tingginya. Semakin tinggi tentu saja semakin banyak apartemen yang bisa disewakan. Mulai dari bentuk apartemen dengan 2 kamar hingga yang studio tersedia di apartemen. Nah, pertanyaanya apakah benar-benar nyaman tinggal di apartemen ?

Yuk kita coba bahas untung rugi tinggal di apartemen yah, entah itu menyewa atau membelinya. Kita awali dengan membahas keuntungan tinggal di apartemen.
Fasilitas Mewah | Sumber : rumahdijual.com

Keuntungan Tinggal Di Apartemen

  1. Keuntungan yang mendasar adalah jarak dari apartemen ke tempat kerja tentu menjadi lebih dekat. Bagi pekerja kantoran yang terletak di pusat kota pilihan apartemen menjadi poin utama. Apalagi jika akses ke setiap kantor pelayanan lain yang juga dekat. Ditambah akses menuju tempat perbelanjaan yang berada disekitarnya. Menambah nilai plus bagi kamu yang tinggal di apartemen.
  2. Selain itu kita tidak perlu lagi mengurus perawatan kamar dan lain sebagainya karena biasanya pihak pengelola akan membantu dan mengatasi semuanya. Tentu saja karena setiap pemilik apartemen harus membayar IPL (Iuran pengelolaan Lingkungan) setiap bulan atau pertiga bulan sesuai dengan ketentuan masing-masing pengelola apartemen.
  3. Kemudian tempat parkir yang tersedia serta mencukupi menjadi hal terpenting ketika tinggal di apartemen. Tentu saja karena lokasi yang sangat sempit di Jakarta membuat lahan parkir menjadi tempat basah untuk mencari provit pribadi pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.
  4. Biasanya dalam satu lokasi apartemen sudah tersedia berbagai macam tempat dan fasilitas untuk menunjang kehidupan sehari-hari. Toko sayur, mini market, laundry, toko GAS hingga warung makan tersedia lengkap di apartemen. Selain itu fasilitas tempat ibadah seperti masjid biasanya pun telah tersedia di dalamnya. Tidak lupa kolam renang untuk memanjakan pemilik apartemen dikala libur.
  5. Bentuk ruangan apartemen yang minimalis akan tetapi bertema modern menjadi hal yang menarik. Siapa sih yang tidak suka dimanjakan dengan ruangan bak hotel dengan kelengkapan yang cukup mewah, meskipun tergantung dari rentan harga apartemen tersebut. 


Itu adalah 5 kelebihan tinggal di apartemen. Lalu kerugiannya apa ya ? Kita lihat di bawah ini.
Demo apartemen IPL tinggi | sumber gambar : postkotanews

Kerugian Tinggal Di Apartemen

  1. Kerugian tinggal diapartemen adalah kehidupan yang individualis. Memang tidak semua apartemen memiliki warga  yang demikian. Akan tetapi itu akan tampak di beberapa lantai atau lokasi blok. Cenderung antar tetangga tidak saling kenal. Kemungkinan karena kebanyakan yang tinggal adalah penyewa bukan pemilik yang cenderung sering berpindah-pindah. Atau juga karena kesibukan yang tidak memungkinkan untuk bersosialisasi. Sekali lagi tidak semua apartemen seperti ini tapi cukup banyak yang memiliki habit seperti ini.
  2. Biaya IPL yang cukup tinggi. Nah, ini pun jadi kendala bagi pekerja yang mungkin memiliki gaji yang pas-pasan. Mungkin kamu berfikir "gaji pas-pasan kok tinggal di apartemen?" Eits, ada banyak orang yang memang merasa cukup kuat pada awalnya karena biaya sewa biasanya tidak ditambahkan dengan biaya IPL, kemungkinan biaya listrik dan air. Di samping itu pembeli juga kadang ada yang tidak menempati apartemen namun harus terus membayar IPL setiap bulan apabila belum ada penyewa. Mmm, lumayan kan biaya IPL yang dikeluarkan setiap bulan.
  3. Cukup ribet karena harus memiliki banyak kartu akses. Ini hal yang paling membuat orang kusut deh. Naik lift pakai kartu akses, masuk parkir pakai kartu akses yang berbeda dan beberapa fasilitas di dalamnya yang juga menggunakan kartu akses. So, bagi kamu yang tidak suka ribet tentu akan sering merasa emosi jiwa yang membara. Contohnya ketika kamu pulang ke apartemen dan lupa membawa kartu akses, maka berusahalah untuk bisa menuju apartemen milik kamu melalui cara lain. 
  4. Lihatlah step effort yang harus kamu lakukan apabila posisi kamu sudah di parkiran kemudian ada suatu barang yang tertinggal. Sedangkan, apartemen milik kamu ada di lantai 20. WOW banget kan? Dan kebayang bisa joging sekalian jika terburu-buru.
  5. Yang terakhir adalah akses telekomunikasi jika kamu berada di lantai tertentu. Untuk bisa nyaman tentu saja harus menambah dana agar bisa dipasang layanan kabel yang bisa menjangkau lantai dengan ketinggian tertentu. Bisa dibayangin bosannya kamu jika tinggal di lantai 15 kemudian tidak menjangkau sinyal sama sekali. 


Nah, itu dia menurut admin kerugian tinggal di Apartemen. Namun, ini bukan berarti sebuah kepastian ya. Karena dibeberapa apartemen mungkin bisa jadi berbeda kondisinya. Sekarang bagaimana menurut kamu nih ? 

/Fajar Umarsandi

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.