Header Ads

Jadi Jutawan Cuma Modal Nulis

7 Tips Wawancara Kerja Bagi Pemula

Ilustrasi interview
Ilustrasi interview | Sumber gambar : https://www.flickr.com/
Plinplan.net - Bagi kamu yang mungkin kini sedang dalam prosen mencari jati diri, eits dah. Maksudnya adalah mencari pekerjaan yang layak mungkin kamu membutuhkan beberapa tips yang bisa membantu kamu sukses dalam proses wawancara kerja. Admin rangkum dalam 7 tips waancara kerja bagi pemula.

Biasanya proses lamaran pekerjaan akan memiliki lebih besar kesempatan jika diawali dengan proses wawancara. Tapi bukan berarti jika wawancara dilakukan pada sesi berikutnya akan menjadi sulit juga. Pada intinya ketika tahap pertama adalah wawancara maka kita memiliki kesempatan untuk meyakinkan kepada pewawancara untuk bisa menerima kita. Atau paling tidak mereka cukup penasaran dengan pribadi kita.

Nah, berikut adalah beberapa tips nih dari admin sesuai dengan pengalaman yang pernah admin lalui. 

1. Harus Yakin

Ini sih memang harus dimiliki pelamar karena keragu-raguan akan cenderung menyebabkan kegagalan. Keyakinan juga harus didukung dengan persiapan yang matang. Bukan berarti asal yakin saja. Contohnya kamu bisa browsing untuk mencari kira-kira apa saja yang ditanyakan oleh pewawancara pada umumnya. Nah, sesuaikan dengan pekerjaan yang kamu lamar. Karena setiap pekerjaan biasanya akan memiliki kriteria pertanyaan yang berbeda.

2. Percaya Diri

Biasanya bagi kamu yang mungkin masih fresh graduate atau belum pernah sama sekali bekerja, mungkin wawancara merupakan sesuatu yang menegangkan. Seakan-akan itu menakutkan dan berpengaruh bagi kehidupan masa depan. Itu hal yang biasa terjadi ketika kamu belum terbiasa. Nah, tipsnya adalah dengan berdoa dan atur napas saat akan memulai wawancara. InsyaAllah kamu bisa fokus. Oh ya, percaya diri bisa muncul dengan sendirinya apabila lowongan yang kamu daftar itu sesuai dengan keterampilan atau pashion yang kamu miliki. Jurusan dalam masa kuliah biasanya tidak begitu besar pengaruhnya, kenapa? karena belum tentu kamu benar-benar menguasai materi perkuliahan kamu dibandingkan pashion atau hobi dan keterampilan yang kamu miliki dan sangat sering kamu lakukan. 

3. Jangan Terlambat

Ketika kamu ada schedule wawancara, usahakan jangan sampai datang terlambat. Karena penilaian attitude dan kedisiplinan kamu di mulai dari sini. Pewawancara akan melihat ketika kamu datang pertama kali dan bertemu pertama kali. Kesan pertama itu yang bisa  akan menampilkan karakter kamu.

4. Tidak Berlebihan dalam Berpenampilan

Jika kamu seorang wanita, pastinya selalu ingin menampilkan sesuatu yang wah, yang menarik perhatian atau yang bikin orang lain bisa terpesona. Itu sah-sah saja asalkan tidak terlalu berlebihan. Berlebihan dalam berdandan bisa mengakibatkan pewawancara berfikir dua kali tentang tujuan kamu bekerja itu untuk apa. Tentunya ini disesuaikan dengan lowongan pekerjaan yang seperti apa juga. So, kamu harus benar-benar jeli untuk memilih skenario berdandan yang pas dan cocok untuk lowongan pekerjaan yang kamu lamar. Contoh, jika kamu mendaftar sebagai sekretaris, tentunya kamu tidak boleh menampilkan riasan yang berlebihan atau bisa juga menggunakan perhiasan yang mentereng yang justru itu mengganggu. Contohnya lagi jika kamu seorang pria, dalam menggunakan dasi pun harus disesuaikan dengan lowongan pekerjaan yang kamu lamar. Karena tidak semua pekerjaan itu membutuhkan dasi. Memang tampak rapi jika menggunakan dasi, tapi terkadang justru penampilan itu terasa kurang pas jika lowongan pekerjaan tidak sesuai.

5. Jangan Berbelit-belit dalam menjawab

Hati-hati dengan jawaban kamu, itulah intinya. Kenapa ? Biasanya pertanyaan itu bisa berujung panjang atau beranak jika kamu salah menjawab. Kredibilitas kamu bisa dinilai dari jawaban-jawaban kamu. Semakin panjang biasanya jawaban kita akan semakin "ngawur". Ini adalah indikasi suka mengada-ngada dan memaksakan sesuatu. Nah, tipsnya adalah cari jawaban yang tepat sasaran (close answer) sesuai dengan pertanyaan. Jangan terburu-buru menjawab, siapkan kemungkinan pertanyaan lanjutan jika kamu memberikan jawaban tersebut. Kamu harus 3 langkah di depan dan megarahkan pewawancara dengan jawaban kamu.

6. Jangan lupa Senyum

Meskipun kondisinya menegangkan dan cenderung serius, kamu bisa sesekali melempar senyuman. Bisa juga sesekali kamu mengisi dengan candaan ringan yang bisa memancing senyum. Ini untuk memberikan kesan bahwa kita mudah berbaur dalam lingkungan kerja.

7. Berusahalah Untuk Selalu Jujur

Sengaja yang tempatkan yang paling terakhir supaya yang paling diingat. Dalam segala hal kejujuran itu penting. Biasanya dalam nilai-nilai perusahaan integrity atau kejujuran itu menempati poin nomor satu. Jujur dalam segala hal akan membuat kamu merasa tenang termasuk saat proses wawacara. 

Itulah 7 tips wawancara kerja bagi pemula yang bisa kamu coba saat kamu mencoba wawancara. Ingat mungkin akan berbeda beda prosesnya karena pewawancara biasanya punya nilai-nilai tersendiri yang harus dimiliki pelamar ketika proses wawancara. Jika wawancara itu adalah test pertama kamu, maka kesempatan kamu untuk bisa memperkenalkan diri semakin besar.

Selamat mencoba dan sukses untuk kamu kamu semua yah sobat planner ?

/Fajar Umarsandi

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.