Header Ads

Jadi Jutawan Cuma Modal Nulis

5 Manfaat Yang Bisa Dirasakan Para Pekerja Lapangan


Ilustrasi wartawan kerja lapangan | Sumber gambar detikkampus.wordpress.com

Kamu sebagai Sales ? Atau mungkin auditor ? Atau wartawan ? Pekerjaan seperti ini cenderung tidak selalu stay di kantor, betul kan ? Tentu saja karena jobdesknya yang mengharuskan ke tempat-tempat tertentu yang sudah ditentukan. Bagi kamu yang mungkin tidak suka bergerak mungkin cenderung akan menghindari jenis pekerjaan ini. Akan tetapi perlu kamu tahu bahwa pekerjaan seperti ini yang butuh mobilitas tinggi tidak selamanya buruk kok. Ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan jika bisa mengambil tantangan dengan pekerjaan jenis mobile ini.

Tantangan bekerja dengan kondisi harus mengitari wilayah-wilayah tertentu ini memang tidak mudah. Ada banyak yang harus kita perhitungkan dan jelas memiliki perencanaan pula yang matang jika harus berpergian atau berkunjung hingga ke luar kota. Nah, mulai dari sini kemampuan kita berfikir strategis harus dimiliki. Itu sebabnya pekerjaan ini sebenarnya adalah pekerjaan yang menarik, banyak unsur ilmu dan tentu tidak membosankan.

ilustrasi sales | sumber gambar cebglobal

Lalu kira-kira apa saja nih manfaat kerja lapangan ? Berikut 5 alasan kenapa kerja lapangan itu penuh dengan manfaat bagi pekerjanya.

1. Banyak Dapat Kenalan Baru

Yes, ini sih sudah pasti. Dapat kenalan baru yang mungkin bisa bervariasi tipenya. Kita bisa saling bertukar informasi dan bertukar nomor handphone jika diperlukan. Manfaatnya selain menambah contatct list kita selain itu kita juga tetap bisa berhubungan jika suatu saat diperlukan.

2. Melatih Verbal Comunication

Yaps, bagi kamu kamu yang cenderung punya sifat pendiam maka inilah saatnya untuk melatih kemampuan kamu berbicara di depan umum dengan orang-orang dari berbagai kalangan dan tipe yang mungkin tidak terduga sebelumnya. Sama halnya seperti menulis, berbicara di depan umum pun diperlukan serangkaian kosa kata yang melimpah yang bisa kita jahit menjadi kalimat-kalimat aktif untuk proses komunikasi dengan orang baru. 

3. Percaya Diri meningkat

Ini juga satu hal penting yang menguntungkan yang bisa kita dapatkan ketika kita menjadi pekerja lapangan seperti sales, wartawan atau trainer yang sangat aktif berbicara di muka umum dengan orang tidak dikenal. Pastinya kita akan mampu meningkatkan rasa percaya diri apabila terbiasa melakukan komunikasi dengan orang-orang baru dan tidak kita kenal.

4. Mampu mengendalikan emosi

Kalau yang ini merupakan hal yang wajar jika kamu pekerja lapangan. Pasalnya, dengan kondisi yang panas dan keadaan mood yang tidak stabil bisa membuat kita menjadi emosional. Bila kita sering bertemu dengan orang lain yang notabene kita tidak tahu sikap seperti apa saja yang akan dihadapi akan membuat kita belajar untuk menyesuaikan diri. Contohnya jika klien yang kita temui adalah orang yang keras maka tidak mungkin juga kita harus menghadapinya dengan cara yang sama. Kamu bisa baca buku personality plus jika ingin mempelajari kepribadian orang. 

5. Tidak Bosan

Yang terakhir tentu karena sering berpindah-pindah tempat rasa bosan cenderung tidak ada. Lokasi baru terkadang memberikan warna baru dan berbeda sehingga suasana baru bisa tercipta. Jika kamu seorang yang sangat suka berpetualang maka pekerjaan jenis ini sangat cocok untuk kamu. 

Itu dia 5 manfaat yang akan kamu dapatkan jika kamu bekerja dilapangan alias berpindah-pindah tempat. So, bagi kamu yang bekerja seperti ini jangan terlalu dipusingkan ya, karena sebenarnya ada banyak manfaat lain yang bisa kamu dapatkan. Di atas hanya beberapa saja karena masih banyak lainnya yang bisa kamu rasakan nantinya. Tidak ada pekerjaan yang buruk selama itu pekerjaan yang halal. Yang pasti setiap kamu bekerja maka harus ada peningkatan di dalamnya. 

Bagaimana menurut kamu nih ?

/Fajar Umarsandi

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.