Header Ads

Jadi Jutawan Cuma Modal Nulis

e-commerce Indonesia Pembuktian Kemajuan Teknologi Digital Dalam Perdagangan

Kata Data
Perdagangan digital Indonesia | Foto : harianbernas.com
Plinplan.net - Disaat ini tentu menjadi hal yang biasa belanja tanpa perlu bersusah payah untuk mencari dari toko ke toko bahkan pindah dari kota ke kota untuk menemukan sesuatu yang diinginkan. Sudah ketinggalan zaman jika cara belanja konvensional masih menjadi andalan utama untuk mendapatkan suatu barang. Terbukti dengan data statistik yang ada Indonesia menjadi salah satu Negara dengan transaksi belanja online yang berkembang cukup pesat di Asia.

Memang, geliat pasar online dengan segala kemudahan yang dimilikinya membuat manusia semakin dimanjakan. Cara yang mudah dengan waktu pengiriman yang kian singkat berkat support tim ekspedisi yang semakin banyak dan memberikan komitmen terbaiknya menambah daftar keuntungan berbelanja online. Tak banyak alasan bukan untuk tidak mencoba e-commerce Indonesia melihat dari penawaran-penawaran menarik yang selalu memancing hasrat kita untuk mengeluarkan rupiah dan menukarnya dengan produk idaman kita.

Melihat perkembangan ekonomi digital di Indonesia saya pun yakin bahwa Indonesia memiliki potensi besar untuk semakin maju dalam bidang perniagaan. Potensi produksi lokal yang kian beraneka ragam dan kualitas produk yang semakin bersaing harus diimbangi dengan jaringan pasar yang luas. Tidak bisa lagi kita menggunakan metode masa silam untuk melakukan penjualan produk yang ada. Masyarakat Indonesia butuh cara yang lebih untuk bisa meningkatkan perekonomiannya. Salah satu solusinya dengan pasar digital yang kini sudah banyak tersedia dan semakin mudah dijangkau.

Statistik Indonesia juga banyak sekali menyebutkan bahwa Negara Indonesia selalu naik dalam bidang perdagangan. Tentu peran digital sangat penting dalam hal ini. Informasi yang semakin cepat sehingga bisa membantu dalam skema dan strategi perdagangan membuat Indonesia semakin siap untuk terus melakukan ekspansi ke pasar Internasional melalui pasar digital.

Bisa kita lihat sekarang banyak pelanggan Indonesia yang memanfaatkan situs e-commerce untuk berbelanja online produk-produk luar negeri bahkan dengan situs belanja online milik lokal. Begitu juga sebaliknya, pelanggan mancanegara yang kian gencar mencari informasi produk-produk lokal untuk dibeli. Alat bantu pembayaran yang kian mudah dan disokong tim ekspedisi yang semakin luar biasa perdagangan Indonesia diharapkan mampu berkembang pesat tidak dalam lingkup nasional saja melainkan juga Internasional.

Pengalaman berbicara bahwa kini saatnya mencoba pasar digital. Baik kita sebagai pembeli ataupun sebagai pedagang. Sebagai pembeli jelas banyak sekali keuntungan yang bisa didapat selain bisa mendapatkan harga yang sesuai kita juga bisa lebih praktis ketimbang harus pergi ke toko. Sebagai pedagangpun juga banyak sekali keuntungan yang didapat. Selain biaya berjualan yang semakin murah karena tidak perlu tempat yang besar, pedagang juga bisa mengembangkan jaringan pasar yang semakin luas bahkan tidak menutup kemungkinan untuk memperluas ke pasar internasional.

Dari hal tersebut bisa disimpulkan bahwa perkembangan ekonomi digital di Indonesia semakin pesat. Pemanfaatan internet tentu mempengaruhi segalanya termasuk dalam bidang perekonomian. Semakin mudahnya akses internet, semakin mudahnya membuat konten dan semakin banyaknya media e-commerce di Indonesia mampu meningkatkan produktifitas manusia untuk berkembang. Kini semua orang di Indonesia bisa berkembang. Tak perlu ada syarat pendidikan yang menjadi batas dalam pekerjaan tertentu, selama ada kemauan kini semua lini bisa mencoba langsung melalui media yang tersedia bahkan secara gratis untuk mengembangkan produk-produk lokal dan memperkenalkannya ke dunia internasional.

Mungkin kamu bisa melihat juga salah satu contoh kampong blogger di Magelang. Pemanfaatan dunia digital mampu membuat warganya naik ke posisi yang lebih tinggi. Ini berarti digital bukan menjadi salah satu hal yang tabu saat ini. Indonesia sudah berbeda dan semakin modern dengan kapasitas manusia yang ada. Bukan hanya berdasarkan kata orang saja melainkan berdasarkan Data Statistik yang ada.

Indonesia dalam angka bisa menjadi tinjauan yang akurat bahwa kemajuan pesat telah dialami masyarakat Indonesia. Diluar dari potensi pemerintaahan yang ada, Indonesia memiliki pondasi yang kuat untuk bersaing di dunia Internasional. Situs-situs e-commerce baru bermunculan dan semakin bervariasi dengan layanan serta komitmen yang mampu dipertanggung jawabkan menyingkirkan kekhawatiran konsumen untuk melakukan transaksi di pasar digital.

Tak hanya perusahaan yang menciptakan e-commerce dengan modal yang tak sedikit, secara individu pun tak kalah dengan hanya modal blog gratis serta kemampuan coding yang tidak sempurna mampu menciptakan sebuah pasar digital. Ini disebabkan kemajuan yang memang harus digeluti para pelaku dunia usaha Indonesia. Wajar saja bisa kini semua media sosial sudah seakan-akan seperti ladang uang dengan lapak yang berserakan di mana-mana. Ibarat "asal punya handphone apapun bisa dijual."

Luar biasa! Selamat datang di era digital Indonesia yang penuh dengan warna -warni produk dan budayanya. Selalu berkembang dengan konten yang positif dan produk yang berkualitas untuk menjadi Indonesia yang modern.

SEMANGAT INDONESIA MODERN!

/Fajar Umarsandi




1 komentar:

  1. semoga e-commerce indonesia dapat bersaing dengan e-commerce negara-negara maju ya, sangat informatif ulasannya. jangan lupa mampir di blog saya ya => https://bengmoelyono.blogspot.co.id/2017/04/menjadi-gravitasi-saat-belajar-kelompok.html

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.