Header Ads

Jadi Jutawan Cuma Modal Nulis

4 Daerah Ini Punya Tradisi Unik Wanita Melamar Pria

4 Daerah yang  punya tradisi Lamaran
Lamaran | foto dari google images
Plinplan.net - Apakah kamu sudah menikah? Terus bagaimana adat atau tradisi di daerah kamu? Hal yang paling lumrah adalah sang Pria akan datang untuk melamar sang wanita. Biasanya, keluarga si Pria akan membawa seserahan yang cukup banyak serta cincin sebagai simbol pengikat.

Nah, apakah hal itu juga sama yang terjadi dengan kamu atau daerah kamu? Seperti yang plinplan.net kutip dari idntimes.com nih sob, ada beberapa daerah yang memiliki tradisi unik nan berbeda dibandingkan daerah lain pada umumnya. Pasalnya, ada 4 daerah yang ternyata memiliki tradisi terbalik yaitu wanita yang melamar laki-laki

Nah, artinya keluarga wanita akan berbondong-bondong datang ke rumah sang pria untuk melamar. Lalu daerah mana saja ya yang berlaku tradisi teraebut? Cekidot yuk!

1. Lamongan, Jawa Timur
Di Lamongan wanita wajib datang ke rumah keluarga pria. Saat meminang keluarga wanita akan membawa banyak seserahan kepada keluarga pria. Ada pula yang beranggapan seserahan pada proses lamaran di Lamongan itu mahal, akan tetapi itu semua dibantah. Karena, dengan jajan tradisional saja itu sudah cukup. 

2. Sumatra Barat
Entah seluruhnya apa tidak, yang jelas ada beberapa wilayah di Sumatra Barat yang memiliki tradisi proses lamaran yang disebut Maminang. Maminang di Sumatra Barat pun sama yaitu keluarga wanita akan datang kepada keluarga pria dengan membawa seserahan dan tak lupa disertai cincin minimal 5 gram. Wah wah lengkap binggo yah terus siapa yang pakai cincinnya ya kira-kira?
Nah, setelah wanita itu datang maka keluarga pria pun juga nantinya wajib melakukan sebaliknya yaitu datang ke kediaman wanita. Hehe kayak ngunduh mantu yaps?

3. Rembang, Jawa Barat
Jika di Rembang proses lamaran disebut dengan Ngemblok guys. Prosesnya pun sama seperti daerah Sumatra Barat dan Lamongan. Alasannya kenapa wanita yang datang meminang dikarenakan sebagai wujud rasa hormat keluarga wanita kepada sang pria. Pasalnya, di Rembang pria dinilai pekerja keras. Pantas saja jika pria di sana sangat dihormati yah sob.

4. Trenggalek, Jawa Timur
Jika di trenggalek berbeda lagi ceritanya sob. Tradisi wanita melamar pria lebih karena mengikuti cerita rakyat ande-ande lumut, dimana banyak gadis-gadis yang berlomba-lomba memenangkan hati pria pujaannya. Dan dalam proses meminang wanita harus membawa sesepuh keluarga untuk membuka proses lamaran. 

Itu dia 4 daerah yang dikenal dengan proses tradisi lamaran yang unik sob. So, bagaimana menurut kamu nih? Kira kira enak mana yah dilamar pria atau dilamar wanita hehehe... yang jelas harus berbeda kelamin yauw hahaha....

Editor /fu
Sumber idntimes.com 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.