Header Ads

Jadi Jutawan Cuma Modal Nulis

Jamur Bercahaya di Sumatra Barat dan Jawa Barat

Jamur Bercahaya Neonothopanus gardneri
Jamur Bercahaya Neonothopanus gardneri | Foto : www.itv.com
Plinplan.net - Siapa sih yang tidak tahu jamur? Banyak jenis jamur yang kita ketahui, mulai yang beracun hingga yang bisa dikonsumsi oleh manusia. Namun, tahukah kamu jika ada jamur yang sangat unik dan bisa mengeluarkan cahaya ?

Yapz, perlu diketahui bahwa jamur memiliki 71 jenis jamur dan memiliki lebih dari 100.000 spesies jamur yang mampu bercahaya di dunia, termasuk ada di Indonesia nih sob, tepatnya di Taman Nasional Gunung Halimun, Sumatra Barat dan juga di provinsi Jawa Barat. Lalu seperti apa jamur yang bisa bercahaya ini yah sob? Dan bagaimana bisa jamur ini bisa mengeluarkan cahaya ?

Jadi begini sob, Bioluminesensi jamur diatur oleh cicardian clock atau secara gampangnya merupakan jam biologisnya jamur. Nah, dengan ini maka jamur akan mengeluarkan cahaya di waktu-waktu tertentu saja sob. Lalu, kenapa jamur mengeluarkan cahaya ?
Jamur Bercahaya Neonothopanus gardneri
Jamur Bercahaya Neonothopanus gardneri | Foto : climatologiageografica.com.br

Nah, ada fungsinya sob kenapa jamur ini mengeluarkan cahaya. Bioluminesensi pada jamur akan menarik serangga-serangga seperti lebah, semut dan lalat yang akan membantu proses  reproduksi jamur dengan cara penyebaran spora. 

Dengan Bioluminesensi jamur ini maka penyebaran spora akan lebih efisien sob. Tapi tidak semua jamur memiliki waktu yang sama dalam Bioluminesensi (proses mengeluarkan cahayanya). Jamur satu dengan yang lainnya memiliki waktu yang berbeda sesuai dengan proses penyebaran spora masing-masing jamur. 

Salah satu contoh jamur yang mampu menyala adalah Neonothopanus gardneri. Ukuran jamur ini cukup besar dan jam biologisnya pun dipengaruhui sensitifitas suhu sob. Jadi saat suhu udara naik, jamur Neonothopanus gardneri akan menyimpan energi untuk digunakan saat malam ketika suhu mulai turun. Dengan begini jamur Neonothopanus gardneri akan mampu menyala terang ketika  malam hari. Begitu sob ....

Keren yah,subhanallah ciptaan Allah dengan segala kesempurnaan-Nya.

/Fu
sumber : https://www.instagram.com/faktadanmitos

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.