Header Ads

Jadi Jutawan Cuma Modal Nulis

Ini Dia Kawasan Bebas Asap Rokok Pertama di Dunia LOH!

Desa bone-bone bebas asap rokok pertama di dunia
Desa bone-bone bebas asap rokok pertama di dunia. |Foto : www.tribunnews.com
Plinplan.net - Bagi kamu yang tidak menyukai asap rokok mungkin memiliki angan untuk tinggal di kawasan yang bebas polusi asap rokok. Tentu tak mudah jika kamu berada di kota besar seperti Jakarta bukan? Ruangan ber AC sepertinya sudah tidak jadi kunci di situ bebas asap rokok. Aturan dialarang merokok sepertinya hanya menjadi sebuah papan hiasan belaka. 

Nah, tapi ada satu nih yang benar-benar bersih dari asap rokok dan kawasan ini adalah kawasan pertama di dunia yang bebas dari asap rokok bahkan minuman keras dan narkoba. Bone-Bone, Enrekang ,Sulawesi Selatan adalah salah saru kawasan yang patut di contoh. Aturan yang berlaku di sini pun cukup membuat penduduk di sini tertib. 

Desa yang berada di bawah gunung Latimojong  ini berada di ketinggian 1500 mdpl. Tampak pedesaan dengan pemandangan hijau di sekitarnya. Ketika masuk di desa Bone-bone ini, tampak gardu yang berisikan tulisan bahwa kawasan Bone-bone bebas asap rokok, minuman keras bahkan narkoba. Wah wah, bisa terasa bukan suasana di desa Bone-bone ini.
Bone-bone bebas asap rokok
Bone-bone bebas asap rokok | Foto : gayahidup.dreamers.id
Aturan ini berlaku sejak tahun 2000 silam guys. Hingga sekarang aturan ini pun masih tetap tegak berdiri dan dipatuhi oleh warganya. Bahkan, untuk pendatang yang berkunjung pun wajib mentaatin aturan ini, Jika ada yang melanggar maka akan ada sanksi tegas dari para pengurus desa. Sanksi itu bisa berupa, membersihkan tempat ibadah, irigasi, lapangan dan lainnya. Em, jera jera deh yah yang melanggar hehehe....

Imbauan dilarang merokok dan menjaga lingkungan pun tampak di sudut-sudut desa Bone-bone ini sob. Jadi, masyarakat sudah terbiasa untuk mengikuti aturan yang ada. Dan yang pasti desa Bone-bone menjadi salah satu desa yang nyaman untuk di tinggali. Selain bersih, warga di sini pun sangat tertib dan konsisten untuk menjaga kenyamanan desa Bone-bone. 
Desa Bone-bone
Desa Bone-bone | Foto : www.hidayatullah.com
Hemm... kayaknya kita wajib mencontoh desa Bone-bone deh sob. Hal kecil namun berdampak besar dan panjang. Sekarang bisa dilihat hasilnya bukan?

/Fu

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.