Header Ads

Jadi Jutawan Cuma Modal Nulis

Ahnaf Fauzy Zulkarnain, Profesor Cilik Dari Bumi Yogyakarta

Ahnaf Fauzy Zulkarnain

Ahnaf Fauzy Zulkarnain | Foto : foto.tempo.co
Plinplan.net - Jogja, kota yang selalu  menarik untuk ditelisik. Keramahan, keunikan dan adat istiadat tradisional yang masih cukup kental membuat Jogja menjadi salah satu tujuan pariwisata bagi para turis. Tapi, meskipun Jogja masih kental dengan aktifitas tradisional, putra-putri Jogja punya prestasi yang membanggakan loh.

Ahnaf Fauzy Zulkarnain, yang kini mendapat predikat Profesor Cilik dari para netizen tentu menjadi bukti bahwa putra-putri Jogja tak bisa dipandang sebelah mata sob. Ahnaf adalah seorang pelajar SD yang masih duduk dibangku kelas 6. Ia diketahui bersekolah di SD Karangejek II, Desa Siraman, Gunung Kidul, Yogyakarta. 

Ia adalah penemu Alat Perontok Jagung yang kini mulai banyak digunakan para petani jagung di daerah Ahnaf. Pada awalnya para petani jagung merontokkan jagung dengan cara manual menggunakan tangan. Yah, tentu saja ini akan memakan waktu cukup lama dan tidak efisien juga. Ditambah lagi tangan bisa menjadi perih bahkan lecet. Sehingga timbullah ide untuk membuat alat ini, ungkap Ahnaf. 
Ahnaf Fauzy Zulkarnain
Ahnaf Fauzy Zulkarnain | Foto  : kabarhandayani.com
Alat yang diciptakan oleh Ahnaf tergolong sangat sederhana namun sangat bermanfaat. Hanya bermodalkan kayu, karet dan sebuah motor listrik yang kemudian dirakit. Ahnaf pun dibantu sang Ayah karena ada bagian tertentu yang berhubungan dengan listrik yang bisa saja berbahaya untuk Ahnaf.

Yang pasti Ahnaf telah berhasil menciptakan sebuah terobosan baru dan membantu para petani jagung. Disamping itu alat Ahnaf yang ini juga mampu digunakan sebagai alat pembuat sriping singkong loh sob. Karena prestasinya ini, Ahnaf pun mendapatkan penghargaan dari Kalbe Junior Scientist Award 2016. 

Ahnaf merupakan salah satu contoh Profesor Cilik berbakat yang mampu memberikan sesuatu yang positif dan bermanfaat untuk orang lain. Ketimbang melakukan hal-hal yang justru kurang bermanfaat. Yuk kita support adik-adik kita agar bisa berprestasi yah sob.

/Fu
sumber NET


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.