Header Ads

Jadi Jutawan Cuma Modal Nulis

6 Persiapan Mendaki Gunung Bagi Pemula

mendaki gunung
Mendaki Gunung | Foto : en.yeni.mobi
Mendaki gunung sudah menjadi wisata pilihan bagi sebagian orang yang ingin menikmati udara segar lengkap dengan pemandangan alam yang sangat indah. Namun, jika Anda pendaki pemula yang belum tahu hal-hal apa saja yang perlu dipersiapkan untuk mendaki gunung tak perlu khawatir. Simak dan catatlah enam hal yang perlu dipersiapkan untuk mendaki gunung. 

1. Mulai berolahraga

Bagi para pendaki pemula yang ingin mencoba mendaki gunung, sebaiknya Anda mulai melatih kekuatan fisik dengan berolahraga dari jauh-jauh hari secara rutin saat pagi ataupun sore hari. Olahraga yang disarankan untuk Anda lakukan adalah jogging. Dengan membiasakan diri melakukan jogging setiap hari, akan membuat Anda tidak cepat kelelahan ketika mendaki gunung nanti. Selain persiapan fisik dengan berolahraga, persiapkanlah juga mental Anda untuk menghadapi kesulitan-kesulitan yang akan Anda alami selama mendaki gunung nanti.

2. Lengkapi peralatan untuk mendaki

Perlengkapan yang perlu Anda persiapkan untuk mendaki nanti antara lain sepatu gunung, tas gunung/carrier minimal ukuran 40 liter, handuk, tissue, alat makan, jas hujan, sleeping bag, senter beserta baterai cadangannya, tongkat trekking pole, pakaian untuk tidur dan beraktifitas mendaki, jaket yang bisa menahan dingin, air, dan angin, sarung tangan, celana panjang, kaos kaki, masker/scarf, sarung tangan, dan tenda. Anda memiliki budget yang terbatas untuk membeli semua perlengkapan ini? Jangan khawatir, Anda bisa membeli semua item yang Anda perlukan di MatahariMall, online shop banyak promo dan terlengkap yang tidak membuat kantong tipis.    

3. Ketahui medan pendakian

Mencapai puncak gunung tidaklah mudah. Anda harus melewati jalan berbatu dan licin yang menanjak serta jalan dengan track yang lebih sulit. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui medan pendakian agar mempermudah pendakian. Anda dapat mengetahuinya dengan mencari informasi dari teman atau membaca blog-blog mengenai pendakian gunung yang akan Anda tuju di internet. 

4. Persiapkan makanan dan minuman yang cukup

Anda perlu memperhitungkan berapa banyak makanan dan minuman yang perlu Anda bawa sesuai dengan jarak yang akan ditempuh selama pendakian. Selain membawa makanan berat, bawalah snack yang bisa Anda makan pada waktu break. Untuk minumannya, bawalah minimal dua botol air 1500ml per orang untuk satu hari pendakian.

5. Cari teman mendaki yang berpengalaman

Jika Anda masih belum memiliki teman untuk mendaki gunung, carilah teman yang sudah memiliki pengalaman dalam hal ini. Dengan mengajak teman yang berpengalaman, Anda akan terhindar dari resiko tersesat merasa lebih aman.

6. Berdoa

Berdoalah sebelum melakukan pendakian agar Anda diberi kelancaran pada saat mendaki.


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.