Header Ads

Jadi Jutawan Cuma Modal Nulis

WOW! Indahnya Pemandangan Dari Atas Jembatan Air Pontcysyllte Aqueduct di Inggris

Jembatan Pontcysyllte Aqueduct
Jembatan Pontcysyllte Aqueduct | Foto : aura-ilmu.com
Plinplan.net - Jembatan memang menjadi salah satu tempat yang tinggi dan cocok untuk melihat pemandaangan nan jauh di bawah sana. Beberapa jembatan di Indonesia memang tak kan kalah indah dengan jembatan lainnya di luar sana. Namun, jembatan air berikut ini mungkin sedikit berbeda dan akan memberikan sensasi yang cukup menegangkan untuk kamu yang doyan memacu adrenalin nih.

Adalah Jembatan Pontcysyllte Aqueduct yang merupakan jembatan air tertinggi dan terpanjang di kota Wales, Inggris. Panjang jembatan ini adalah 307 meter dengan tinggi 38 meter. Jembatan ini berdiri kokoh dengan pilar yang berjumlah 19 pilar yang menyangga jembatan selebar 3,4 meter.

Jembatan ini dibagi menjadi dua jalur atau kanal guys. Pertama, adalah jalur air yang mengalir dari ujung Desa Froncysillte ke Desa Trevor. Jalur kedua merupakan lintasan untuk pejalan kaki atau bisa juga dilewati para pesepeda, eits ini bagi kamu yang berani aja yah guys. Pasalnya nih, lintasan ini cukup kecil dan hanya ada besi untuk pegangan di satu sisi saja.

Jembatan ini adalah hasil karya dari seorang insinyur berdarah Skotlandia, Thomas Telford. Uniknya bangunan yang membutuhkan waktu 10 tahun untuk membuatnya ini telah berumur 3 abad loh guys. Hingga sekarang jembatan ini masih kokoh berdiri dan beralih fungsi menjadi tempat pariwisata. Yaps, karena jembatan ini dahulunya adalah salah satu sarana untuk menghubungkan desa Froncysillte dengan desa Trevor.
Jembatan Pontcysyllte Aqueduct
Jembatan Pontcysyllte Aqueduct | Foto : sibudikecil.hek.in
Jika kita lihat dari atas jembatan Pontcysyllte Aqueduct, kita bisa melihat betapa indahnya pemadangan di bawah sana. Pepohonan hijau masih tampak sejuk dan cerah. Itulah sebabnya Jembatan Pontcysyllte Aqueduct ini masuk dalam A grade i listed building dan juga masuk dalam daftar warisan dunia UNESCO, kutip dari Rosimeilani.

Dengan lebar hanya 3,4 meter saja, bagian kanal air ini hanya bisa dilewati satu boat kecil saja, satu jalur dan harus bergantian untuk melewatinya. Karena kini sudah beralih fungsi menjadi salah satu tempat wisata di Inggris, maka kamu bisa menaikinya dengan merogoh kocek sebesar Rp 383.000,- untuk bolak balik menaiki boat yang telah disediakan. 
Jembatan Pontcysyllte Aqueduct
Jembatan Pontcysyllte Aqueduct | Foto : www.keepo.me
Ada cerita menarik dibalik pembuatan jembatan Pontcysyllte Aqueduct ini guys. Konon dalam pembangunannya, material untuk membangun jembatan ini dicampur dengan darah lembu loh. Entah apakah darah lembu mengandung senyawa untuk memperkuat konstruksi bangunan atau hanya mitos saja yang jelas Jembatan Pontcysyllte Aqueduct ini telah berdiri kokoh selama 3 abad dan masih beroperasi hingga saat ini.

LUAR BIASA kan guys ? Bagaimana menurut kamu nih sob, penasaran untuk bisa mengunjungi dan mencoba melewatinya bukan ? 

/Fu 
Credit : rosmeilani.com

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.