Header Ads

Jadi Jutawan Cuma Modal Nulis

SAMSUNG GALAXY S7 : Performa Maksimal Dibalut Keindahan Desain Yang Memukau

Samsung Galaxy S7 dan Samsung Galaxy S7 Edge
Samsung Galaxy S7 dan Samsung Galaxy S7 Edge
Bercerita tentang brand satu ini memang tidak ada habisnya. Beberapa tahun belakangan ini Samsung memang telah mencuri perhatian gadget lover di seluruh belahan dunia. Kemampuan, performa, spesifikasi dan kualitas yang ditawarkan menjadi daya tarik tersendiri bagi pemburu gadget superior.

Ya, tentu tidak mudah Samsung bisa sampai pada posisi ini. Banyak hal yang telah dilalui untuk menyempurnakan karya indah brand berwarna biru ini. Kali ini saya pun tidak ingin melewatkan untuk bisa tahu flagship terbaru dari Samsung yang baru saja dirilis 22 Februari 2016 lalu di Barcelona yang cukup membuat banyak manusia penasaran.

Ini terbukti saat beberapa waktu sebelum rilis sudah banyak website, blog dan pecinta gadget yang mulai meraba-raba seperti apa sosok generasi Samsung selanjutnya. Beberapa bahkan sudah bisa memperkirakan dan memberitahu spesifikasi lengkap yang akan diusung Samsung terbaru ini.

GENERASI S7

Samsung Galaxy S7 dan Samsung Galaxy S7 Edge
Samsung Galaxy S7 dan Samsung Galaxy S7 Edge

Memang Samsung selalu berhasil membuat air liur saya mengalir seakan sangat menggebu ingin segera memilikinya. Tentu saja untuk barang bernilai istimewa seperti ini harus ada sebuah perjuangan untuk bisa mendapatkannya. 

Oke, ini sudah cukup membuat saya semakin penasaran untuk berburu apa saja yang diusung si S7 kali ini. OK sob! aksi browsing pun dimulai untuk membedah secara sepsifik mengenai isi dalam Samsung S7. 

Sama seperti generasi S6, S7 juga mengeluarkan dua tipe yaitu Samsung Galaxy S7 dan Samsung Galaxy S7 Edge. Keduanya akan saya bahas sambil berjalannya tulisan ini yah sob. Tidak terlalu banyak perbedaan dari segi performa hanya beberapa poin yang menjadi pembeda dari keduanya.

Ok! sebagai permulaan sebelum kita mulai review yang mungkin membingungkan atau malah menggiurkan ini, sebaiknya kamu siapkan kopi dan roti untuk menyimak hal-hal menarik berikut ini. Seperti biasa ketika melihat suatu produk, kita bedah body, penampilan atau desainnya terlebih dahulu.

DESAIN SAMSUNG GALAXY S7 

Jika dilihat dengan seksama, S7 mengalami perubahan yang membuat tampak jauh lebih sempurna dibanding pendahulunya. Tidak meninggalkan secara keseluruhan dari bentuk S6, seperti layar 5,1 inch dengan body metal serta lapisan Gorilla Glass 4 pada layar depan dan sisi belakang.

Sudah pasti Samsung tetap menjaga kemewahan dalam setiap produk flagshipnya. Dan kemewahan itu tidak merusak kenyamanan ketika sedang digunakan dalam genggaman. Ini bisa dilihat dari sisi dan lengkungan yang semakin disempurnakan. Lengkungan pada sisi belakang yang menjorok ke depan menjadikan tampak sempurna dan sangat nyaman ketika digenggam. Menurut saya layar dengan 5.1 inch sangat ideal untuk genggaman setiap orang termasuk untuk orang Indonesia bukan? Namun, bagi kamu yang menginginkan layar yang lebih besar, kamu bisa menggunakan versi S7 Edge dengan bentang layar 5.5 inch. Itulah kenapa hal ini menjadi tag line utama Samsung Galaxy S7, "ergonomic design, maximized performance."

Untuk generasi S7 ini, Samsung menyediakan 4 pilihan warna yang menarik. Ada Black Onyx, Gold Platinum, Titanium Silver dan White Pearl. Sudah bisa dibayangkan betapa indahnya perpaduan warna-warna tersebut. 

Ups, ada yang sedikit berbeda pada sisi belakang S7 ini. Yah, kamu bisa melihat sensor kamera Galaxy S7 kali ini hanya menjorok 0,46 mm saja. WOW! ini artinya tak akan ada yang mengganjal ketika kamu meletakkannya di bidang datar seperti meja atau lantai.

Beralih ke bagian sisi-sisinya, terdapat tombol power di sisi kanan, volume di sisi kiri dan yang baru adalah disediakannya lagi slot micro SD di bagian dengan slot kartu SIM jenis nano. Sepertinya pihak samsung mendengar permintaan para Samsung Lovers nih dengan kembali memberikan slot perluasan kapasitas yang bisa ditambah hingga 200 GB. Ini sepadan dengan hobi para video maker yang kini sedang digemari selain foto selfie. 

Pada bagian bawah masih sama dengan Samsung Galaxy S6 sperti port microUSB, speaker dan mini jack audio. Lanjut ke bagian depan tampak indah dan masih sama seperti Samsung Galaxy S6 dengan sensor proximity, kamera depan, tombol home dan finger print. 

Inilah luar biasanya Samsung, detil dan akurat di setiap sudutnya dengan presisi yang sempurna. Banyak gambar atau foto yang didapatkan untuk melihat dari berbagai sudut smartphone canggih satu ini. Bagaimanapun Samsung Galaxy S7 tetap tampak sederhana namun tetap menonjolkan keindahaan yang menawan dan yang pasti masih menggiurkan untuk segera dimiliki.

DISPLAY SAMSUNG GALAXY S7

Tak kenal maka tak sayang, tak sayang maka tak cinta, tak cinta maka tak beli. Sebaiknya kamu lihat video event Global Unpacked berikut ini terlebih dahulu sebagai tanda perkenalan kamu dengan Samsung Galaxy S7 sebelum kita lanjutkan ke pembedahan yang akan membuat kamu ingin segera memilikinya.



Tiga menit yang sangat memukau bukan ? Hayo, sudah kebelet punya ya ? Mungkin kamu merasakan hal yang sama seperti saya. Sebaiknya kamu simak pembedahan selanjutnya untuk melengkapi referensi smartphone terbaik tahun ini sebelum kamu menyesal karena membeli produk lainnya. 

OK! Lanjut ke display pada Samsung Galaxy S7. Sudah dibahas beberapa sebelumnya tentang display layar yang terbentang 5.1 inch dengan  resolusi Quad HD (2.560 x 1.440 piksel) untuk Samsung Galaxy S7 dan 5.5 inch untuk Samsung Galaxy S7 Edge. Kita semua sudah sangat mengenal Samsung dengan jenis layar dan kualitas warna yang luar biasa. Samsung memang sangat dikenal dengan teknologi layar Super AMOLED-nya yang mampu memberikan saturasi warna yang sempurna. Ini menjadi salah satu daya tarik utama bagi warga Indonesia yang sangat menyukai kesempurnaan dalam kualitas foto. 

Oh ya, jika kamu lebih menyukai Samsung Galaxy S7 Edge, kamu akan mendapatkan fitur "People Edge" yang juga telah dipasang pada generasi Edge sebelumnya. Fungsinya adalah ketika kamu swipe di bagian sisi kanan, layar akan menampilkan 2 baris berupa Task Edge berisi aplikasi, contact dan widget lain yang terpasang.

People Edge pada Samsung Galaxy S7 Edge
People Edge pada Samsung Galaxy S7 Edge


DAPUR PACU SAMSUNG GALAXY S7

Sepertinya ini penting kita bahas dahulu sebelum ke bagian software yang ditanamkan pada smartphone super flagship satu ini. Samsung memang dikenal sangat gila dalam mengolah hardware mumpuni untuk memanjakan para penggunanya. Saya tidak akan memberi tahu kamu terlalu jauh karena tentunya kita semua sudah pasti tahu mesin apa yang membawa Samsung segahar sekarang ini. Yapz, mulai dari Chipset Exynos 8890 yang mengususung CPU octa-core dengan empat core clock 2,3 GHz dan empat  sisanya 1,6 GHz. Apalagi dengan dorongan RAM berkapasitas 4GB tentu membuat kamu sangat menikmati kelembutan dalam bermain multitasking yang sempurna. Terpuaskan dalam bermain game kualitas HD, itu sudah pasti. Jadi, jika kamu berfikir S7 tidak lebih baik itu salah besar sob! 

Samsung pun memastikan bahwa CPU yang diusung kali ini jauh lebih cepat 30 persen dibanding generasi sebelumnya. Dan memiliki kemampuan GPU lebih mumpuni 64 persen dibanding pendahulunya. 

Jika bicara mengenai performa harusnya memang kita melibatkan beberapa aplikasi untuk membuktikannya. Inilah sebabnya saya melampirkan hasil tes yang saya dapatkan dari sumber yang bisa dipercaya keabsahannya. 

Beberapa hasil bencmark | sumber : AndroidPIT
Lihat sob!, itu angka yang fantastis untuk sebuah ponsel 5.1 inch bukan ? Inilah salah satu alasan besar yang menambah nafsu saya untuk segera memiliki Samsung Galaxy S7. Mungkin juga kamu sudah memikirkan hal yang lebih dari sekedar memiliki yaitu menggunakannya. 

Setelah performa yang super gahar dimiliki, selanjutnya adalah kapasitas memory sebagai media penyimpanannya. Mengulang pembahasan di atas tadi, bahwa S7 memang istimewa, Samsung mendengar apa yang menjadi keinginan pengguna dari pengalaman sebelumnya. Selain kapasitas 32 GB dan 64 GB, Samsung Galaxy S7 ditambahkan slot micro SD dengan kemampuan penambahan memori hingga 200 GB. Hallo! Ini ponsel sob, kamu bisa menyimpan segala momen indahmu di benda sekecil ini. 

Oh ya, karena ini bagian dari support untuk performa sekalian saja saya bahas tentang baterai yang menyokong hidup Samsung Galaxy S7 ini. Ini merupakan pemutakhiran dari generasi sebelumnya dengan peningkatan kapasitas hingga 3.000 mAh pada Samsung Galaxy S7 dan 3.600 mAh untuk Samsung Galaxy S7 Edge. Rahasianya adalah dengan penemuan teknologi curved batteries yang mampu memenuhi baterai pada ruang kosong yang tersisa. Hayo sob, kurang apalagi coba? Samsung menjelaskan dengan kapasitas demikian kamu bisa menonton video HD selama 13 jam nonstop

Seperti generasi sebelumnya, S7 juga mampu mengisi baterai dengan cepat. Terbukti untuk proses mencapai 100 persen dari posisi baterai kosong hanya membutuhkan waktu 90 menit saja ketika pengisian dilakukan dengan menggunakan listrik. Jika menggunakan charger nirkabel, S7 hanya membutuhkan waktu hanya 120 menit saja untuk mencapai 100 persen. Samsung telah memberikan sebuah solusi dengan teknologi Qualcomm QuickCharge 3.0 untuk memuaskan para pengguna yang sangat intens dengan smartphone pribadinya. 

Kamu tahu ? bahwa samsung telah menerapkan pendingin cair di dalam S7 untuk menjaga dapur pacunya agar tetap dingin dan stabil. Mungkin kamu pernah mengalami suhu smartphone menjadi panas dan performa cenderung menurun. Hal ini tidak akan terjadi lagi jika kamu menggunakan smartphone Samsung Galaxy S7 dengan teknologi pendingin cair. Sesuai dengan apa yang dikatakan Senior Vice President, Justin Denison bahwa "ada sebuah tabung berisi cairan yang menguap pada suhu tinggi dan kemudian mengembun pada suhu rendah."

Sepertinya kita harus beralih ke sesi selanjutnya karena masih banyak keunggulan yang perlu kamu ketahui dalam review Samsung Galaxy S7 kali ini. Bagian lain yang perlu disimak adalah kamera dari SGS7.

KAMERA SAMSUNG GALAXY S7

Kamera merupakan salah satu fitur utama yang menjadi perhatian kita. Maklum, aktifitas foto dan video zaman sekarang ini sob menjadi hal terpenting saat ini untuk tetap eksis. S7 memiliki sensor 12 MP di bagian belakang. "Kok turun?," pertanyaan itu pasti muncul ketika kamu membaca kalimat tadi. 

Samsung memang menurunkan sensor pixel pada generasi S7, yang tadinya sebesar 16 MP pada S6 berubah menjadi 12 MP pada S7. Namun, perlu kamu ketahui nih sob bahwa pihak Samsung telah menjelaskan bahwa aperture f / 1.7 yang dikombinasikan dengan pixel tersebut mampu memberikan akses cahaya 95 persen lebih besar. Itu artinya kamu bisa mendapatkan hasil gambar memuaskan meskipun di lokasi minim cahaya sekalipun. Pada kamera depan untuk kebutuhan selfie tetap menggunakan sensor 5 MP dengan aperture f / 1.7. 

Perlu kamu tahu juga bahwa Samsung Galaxy S7 adalah smartphone pertama yang menggunakan teknologi Dual Pixel sensor dan Optic Image Stabilization yang mampu fokus 4 kali lebih cepat dibandingkan Galaxy S6. Sudah bisa dibayangkan jika teknologi yang sejatinya ada pada kamera refleks bisa kamu temui di ponsel seperti Samsung Galaxy S7 ini. WOW!

Oh ya, dikutip dari AndroidPIT dijelaskan bahwa dalam konferensi pers, mereka diperlihatkan bagaimana Samsung Galaxy S6 dan Samsung Galaxy S7 ketika mengambil gambar pada lokasi gelap atau minim cahaya. Terbukti, S6 memberikan jeda beberapa mikrodetik untuk dapat fokus sedangkan S7 dapat melakukannya dengan cepat bahkan, cenderung langsung terfokus. Ini benar-benar bermanfaat untuk kamu yang suka dan aktif menggunakan kamera saat travelling dan terjebak dalam suasana kurang cahaya. Kamera S7 juga mampu mengambil video kualitas 4K sama seperti Samsung Galaxy S6.

GEAR 360
Oh sob, hampir saja saya melewatkan hal ini pada kamera SGS7. GEAR 360 merupakan teknologi yang tidak akan terlewatkan oleh Samsung. Gear 360 merupakan teknologi dual camera dengan kemampuan menangkap gambar 360 derajat. Samsung menerapkan teknlogi mutakhir ini bersama dengan fitur virtual reality pada generasi S7. 

AUDIO SAMSUNG GALAXY S7

Bagian ini tidak berbeda dengan Samsung Galaxy S6. Namun, itu bukan berarti ini tidak baik yah sob. Samsung tetap memberikan karya terbaiknya termasuk di bagian audionya. Untuk speaker ada dibagian bawah berdampingan dengan port microUSB sama dengan S6. 


KONEKTIVITAS SAMSUNG GALAXY S7

Lagi-lagi saya harus memuji kehebatan Samsung dengan teknologi Super Fast LTE Speed. Untuk beberapa yang mendukung kecepatan ini akan mampu mendapatkan speed internet maksimal hingga 600 Mbps seperti yang dikutip dari www.pocket-lint.com. Apa jadinya jika itu bisa dilakukan di Indonesia, tak akan berhenti menonton video online bukan ?

Ok, setelah kita membahas hardware kita berlanjut ke bagian terpenting lainnya yaitu software Samsung Galaxy S7.

SOFTWARE SAMSUNG GALAXY S7

Samsung Galaxy S7 tetap mempertahankan tampilan UI dengan menggunakan TouchWiz UI. Di samping itu S7 sudah menggunakan Android 6.0.1 Marshmallow. Keuntungan lain yang bisa diperolah antara lain untuk para gamers nih, kamu bisa menurunkan frame rate berkat Vulkan API Support, kemudian dengan Knox v2.6 sebagai salah satu fitur keamanan di smartphone. Ini akan saya jelaskan lebih detil pada fitur unggulan sebagai senjata pamungkas Samsung Galaxy S7.

Entah ini harus saya bahas di atas atau di sini yang pasti hal ini tak boleh ditinggalkan. Samsung Galaxy S7 tidak menerapkan aturan penyimpanan internal Android 6.0 Marshmallow yang mengharuskan aplikasi berada di penyimpanan internal. Samsung lebih suka jika pengguna diberikan opsi dimana mereka harus menginstal aplikasi, apakah di internal atau di ekstenal. Itu keluhan mendasar para pengguna smartphone tanah air yang kini sudah diatasi oleh Samsung pada generasi S7. Tapi, bukan berarti kamu bisa seenaknya memindahkan file secara manual dengan menyalin microSD dari ponsel ke PC atau sebaliknya yah sob, atau file file kamu akan hilang nantinya. Solusinya gunakan cara lain yang lebih aman seperti kabel data, wifi, atau bluethooth.

Fitur lainnya akan saya bahas dalam sesi fitur terbaru yang ada dalam Samsung Galaxy S7 berikut ini. Karena ini merupakan fitur unggulan jadi jangan jauhkan mata kamu dari blog ini yah sob. Kita akan lihat apa saja yang menjadi senjata mutakhir SGS7 kali ini.


FITUR TERBARU SAMSUNG GALAXY S7

Samsung tidak akan mengeluarkan perangkat terbarunya jika tidak ada perubahan berarti dalam sebuah karyanya. Itu artinya akan ada fitur unggulan yang mampu membuat Samsung Galaxy S7 ini dilepas ke pasar. Karena hal itu, saatnya kita review seberapa banyak teknologi baru yang diusung pabrikan asal Korea ini.

ALWAYS DISPLAY ON

Fitur Always On dengan latar backgroud hitam mampu mengurangi konsumsi daya baterai
Fitur Always On dengan latar backgroud hitam mampu mengurangi konsumsi daya baterai
Fitur yang selalu hidup dan setia memberikan informasi meski baterai tersisa hanya 1 persen. Dengan fitur ini kamu bisa melihat informasi jam, kalender, pemberitahuan dan lain sebagainya. Sangat membantu dan fungsional, mengingat ini hanya menggunakan daya rendah karena hanya membutuhkan sedikit pixel di S7. Daya baterai S7 tetap hemat meski menggunakan fitur keren satu ini sob.

SERTIFIKASI IP68 (TAHAN DEBU DAN AIR)

Sertifikasi IP68
Sertifikasi IP68 dengan kemampuan tahan debu dan air
WOW! mungkin ini menjadi salah satu kaliber kuat dari Samsung Galaxy S7 kali ini. Untuk memuaskan para gadget lovers yang tak pernah jauh dari ponsel tentu menjadi hal yang menguntungkan. Daya tahan ponsel terhadap debu dan air menjadi bagian terpenting yang harus dimiliki sebuah gadget masa kini. Dengan sertifikat IP68 itu artinya Samsung Galaxy S7 mampu bertahan di dalam air dengan kedalaman 1 meter selama 30 menit. Cukup aman bagi kamu yang hiperaktif.

GAME LAUNCHER DAN VULKAN

Game Launcher
Game Launcher
Ok, tadi sudah sedikit saya singgung mengenai fitur yang satu ini. Lalu apa sebenarnya manfaat dari fitur ini? 

"Bagi para gamers momen tertentu dalam sebuah game tentu sangat indah jika bisa dilihat kembali." Jika kalimat itu benar, berarti kamu juga sejalan dengan saya. Inilah yang bisa kamu manfaatkan dengan fitur GAME LAUNCHER. Kamu bisa merekam video permainan kamu atau hanya sekedar mengambil screenshot. Selain itu, dengan fitur ini kamu bisa memanfaatkannya untuk mengoptimalkan pemanfaatan daya baterai, mengurangi proses yang tidak dibutuhkan dan lain sebagainya. 

Ini yang juga membanggakan bagi Samsung Galaxy S7 karena menjadi smartphone pertama yang kompatibel dengan rendering 3D API Vulkan. 3D API Vulkan adalah sebuah fitur yang mampu memberikan pengalaman baru dalam bermain game. Dengan ini kamu bisa mengontrol penuh grafis game yang sedang dimainkan. Hasilnya, tentu pengalaman baru dengan tampilan grafis yang optimal. 

Sungguh keduanya itu menambah poin prestasi yang harus ditanggung Samsung Galaxy S7 menurut saya. Dimana aktifitas gamers kian meningkat dengan kualitas game semakin tinggi yang ujung-ujungnya memaksa pengguna mengupgrade smartphone mereka. Dan tentu Samsung Galaxy S7 menjadi satu rekomendasi terbaik untuk mengatasi problem ini bukan?

FINGERPRINT

Fingerprint Samsung Galaxy S7
Fingerprint Samsung Galaxy S7
Samsung telah menyematkan fitur fingerprint dengan penambahan seperti monitor denyut jantung dan aplikasi S Health untuk membantu kamu menjaga kebugaran tubuh. Saya rasa hal ini sangat primer untuk ada dalam sebuah gadget yang selalu menemanimu kemanpun kamu pergi. 

SAMSUNG PAY

Samsung Pay
Samsung Pay 

Memang mungkin Indonesia belum akan mendapatkan fitur ini dalam waktu dekat. Tapi setidaknya sepertinya ini awal yang baik untuk membuka teknologi baru sebagai alat pembayaran yang mudah dan praktis. Semoga saja ini bisa segera diterapkan di Indonesia dengan kerjasama beberapa instansi di Indonesia. Ini tetap saya tulis karena menjadi teknologi baru yang diterapkan Samsung untuk memudahkan aktifitas penggunanya. 


Itulah sejumlah teknologi baru pada Samsung Galaxy S7 dengan segala kecanggihannya. Terhitung ada 25 aplikasi bawaan yang terinstal pada Samsung Galaxy S7. Tentu saja kamu bisa menginstal lebih banyak aplikasi favorit kamu lebih banyak lagi. 

Oh sobat, ini tulisan terpanjang dalam sejarah hidup sebagai blogger yang mungkin saja justru membuat kamu bingung. Jangan khawatir Samsung Galaxy Lovers, karena kamu bisa terus mengupdate di link berikut ini untuk bisa mendapatkan informasi lainnya yang jauh lebih lengkap dan lebih real. 


Gambaran detilnya bisa dilihat pada gambar berikut ini.

Spesifikasi detil Samsung Galaxy S7
Spesifikasi detil Samsung Galaxy S7

Saya bukan bermaksud mengiming-imingi smartphone Samsung Galaxy S7 ini kepada kamu sob. Tapi jika belum percaya akan kemampuannya, mungkin video satu ini yang diunggah oleh user Harris Craycraft di Youtube bisa meyakinkan kamu tentang Sertifikasi IP68 pada S7.



Lihatlah, mungkin ketika SGS7 dicelupkan di dalam wadah masih terlalu biasa. Bagaimana ketika SGS7 diajak berenang oleh pria ini dan digunakan layaknya action camera. Setelah beberapa saat berenang sepertinya belum menjadikan SGS7 berkurang performanya. Ini salah satu bukti bahwa sertifikasi IP68 layak disandang Samsung Galaxy S7. 

Sepertinya sudah terlalu panjang lebar saya menjelaskan keunggulan terbaru Samsung Galaxy S7 dan Samsung Galaxy S7 Edge. Yang sudah tidak tahan silahkan bisa segera mencari informasinya melalui link di atas tadi. Saya pun sudah tidak sabar untuk bisa mencobanya, ini gadget gokil yang perlu saya miliki sob.

Saatnya meluncur sob...


Sumber :
AndroidPIT.com
digitaltrends.com
pocket-lint.com

2 komentar:

  1. Spesifikasinya bikin mupeng parahhh. Mesti mahal deh ini ya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah iyah ini .. ane juga pingin banget ga keturutan2 hehe..

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.