Header Ads

Jadi Jutawan Cuma Modal Nulis

UNIK! Kawanan Kepiting Ini Membentuk Karya Seni Saat Mencari Makanan

Pola-pola yang dibentuk oleh kepiting bola pasir.
Pola-pola yang dibentuk oleh kepiting bola pasir.
Plinplan.net - Amazing! adalah salah satu kata yang tepat untuk kelompok kepiting kecil yang disebut kepiting bola pasir. Kepiting yang berukiran berkisar 1 centimeter ini tersebar di lautan indo-pasifik. Dikutip dari Amusing Planet, kepiting ini berasal dari genera Scopimera dan Dotilla di famili Dotillidae. Saat mencari makanan kawanan kepiting kecil yang berjumlah ribuan ini akan membentuk suatu karya seni indah di pasir laut.

Kepiting bola pasir ini memang memiliki bentuk yang tidak jauh berbeda dengan kepiting pada umumnya. Mereka juga memiliki capit yang berukuran kecil dan juga memiliki dua bola mata yang mampu meliuk-liuk untuk mencari makanan.
Kepiting bola pasir
Kepiting Bola Pasir
Yang unik adalah saat kepiting kecil yang memiliki warna hapir sama dengan pasir laut tersebut mencari makanan, kepiting ini akan membentuk pola-pola seperti bola-bola kecil yang berjumlah ratusan bahkan ribuan hingga membentuk sebuah gambaran yang unik jika dilihat dari atas.

Bola-bola berukuran kecil dan bervariasi ini tergantung dari seberapa banyak makanan yang mereka cari. Makanan kepiting ini adalah partikel organik kecil yang ada pada butiran pasir tersebut. Kepiting ini cukup pandai karena mereka membuat pola ini secara teratur. Mereka memutar dari lobang tempat persembunyian mereka dan membalik bola pasir untuk menghindari mencari di tempat yang sama. 

Pola Yang Dibentuk Oleh Kepiting Bola Pasir

Kepiting Bola Pasir

Ketika pola mereka makin besar maka akan tampak seperti karya seni yang dibuat oleh tangan manusia, padahal itu semua akibat dari ulah si kepiting bola pasir ini. Lucu kan sobat planner ? 

/Fu

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.