Header Ads

Jadi Jutawan Cuma Modal Nulis

Ini Dia Babi Berbulu Domba Yang Langka

Babi mangalitsa berbulu domba
Babi Mangalitsa berbulu domba | Foto : panoramio.com
Plinplan.net - Jika Serigala berbulu Domba mungkin hanya ada di klimat kiasan saja. Tapi jika Babi berbulu Domba itu nyata dan benar-benar ada loh sobat planner. Adalah "mangalitsa", yang merupakan jenis babi langka yang memiliki bulu layaknya seekor domba.

Ras Babi jenis mangalitsa ini ternyata sudah tidak banyak lagi loh sobat planner. Jenis babi yang ada di Hungarian ini kabarnya hampir punah pada tahun 1990an. Padahal babi jenis ini mulai dikembangbiakkan sejak tahun 1930. 

Babi ini mulai di kembangbiakkan di kerajaan Austri Hungarian. Saat itu Archduke Joseph Anton Johan yang juga merupakan anak ketujuh Kaisar Roma Leopold II menerima sejumlah babi jenis Sumadija dari pangeran Serbia dan mengawinkannya dnegan babi Bakony dan Szalonta, seperti yang dilansir dari liputan6.com.
Babi mangalitsa berbulu domba
Babi mangalitsa berbulu domba | Foto : Panoramio.com
Babi ini sangat populer saat itu karena memang memiliki rasa yang sangat lezat. Babi jenis mangalitsa ini juga sangat mudah untuk dipelihara. Bahkan, babi ini bisa sangat gemuk loh sobat planner.

Sampai tahun 1950, babi mangalitsa ini menjadi sangat populer di Hungaria. Namun pada abad ke 20 kepopuleran babi Mangalitsa mulai turun karena semua orang tahu bahwa lemak jenuh pada babi mangalitsa sangat tinggi. Akibatnya kebanyakan orang beralih kepada babi yang lebih rendah kadar lemak jenuhnya.

Hingga pada tahun 1980 - 1994 minat terhadap babi mangalitsa mulai naik. Hungarian National Association of Mangalica Pig Breeders dibangun untuk melindungi ras ini. Selama 20 tahun terakhir, sosis mangalitsa dengan paprika menjadi hidangan Hungaria yang diminati.

Kini sudah ada 60.000 babi mangalitsa yang dikembangbiakkan di Hungaria. Wah, sudah semakin banyak yah, padahal sudah hampir punah saat itu. Mudah-mudahan ini bisa menjadi solusi juga untuk masalah hewan langka lain agar bisa di kembangbiakkan kembali dan menjadi lebih banyak jumlahnya alias tidak akan punah yah guys.

/Fu

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.