Header Ads

Jadi Jutawan Cuma Modal Nulis

Tradisi Sembunyikan Wajah Cantik Dengan Tato

Suku Chin Myanmar
Tradisi Menyembunyikan Wajah Dengan Tato - Suku Chin
Plinplan.net - Kecantikan memang merupakan impian dari setiap wanita di dunia. Namun, di provinsi Chin, Myanmar justru terdapat tradisi sembunyikan wajah cantik dengan tato. Memang ini sudah menjadi tradisi turun-temurun sejak masa kerajaan Myanmar silam. 

Jauh pada zaman dahulu, Myanmar dikenal dengan kecantikan gadis-gadis yang lahir dan tumbuh di sana. Namun, kecantikan para gadis justru menjadikan mereka dihantui kekhawatiran. Tentu saja, raja Myanmar yang memegang tampu kekuasaan saat itu sering sekali berkeliling untuk berburu gadis-gadis cantik dan membawanya dengan paksa. 
Suku Chin Myanmar
Seni Tato Wajah Untuk Menyembunyikan Kecantikan - Suku Chin 
Sebagai orang tua pastinya tak akan menyetujui dengan perlakukan yang seperti ini. Itulah sebabnya kemudian mereka menato wajah gadis-gadis mereka untuk menyembunyikan kecantikannya dan untuk menghindari dari perlakuan raja Myanmar saat itu, seperti dilansir dari National Post.

Walhasil nih sobat planner, seni tato wajah yang pada awalnya hanya untuk menghindari raja Myanmar dan dilakukan oleh gadis berusia antara 11 hingga 15 tahun justru menjadi ritual turun-temurun yang selalu diwariskan. 
Suku Chin Myanmar
Wajah Wanita Suku Chin Yang Ditato
Mereka menilai bahwa menato wajah justru membuat gadis-gadis itu terlihat semakin cantik dan menjadi simbol kecerdasan. Eits, tapi itu dahulu yah guys, karena kini sudah mulai hilang tradisi demikian.Tentu saja karena betapa sakitnya menato seluruh wajah. Bisa dibayangkan bukan jika jarum-jarum tato menusuk wajah yang notabene memiliki kulit sensitif. Seiring perkembangan zaman gadis-gadis sekarang enggan untuk melakukan tato di wajah. Pasalnya sudah banyak gadis yang besosialisasi dengan dunia luar sehingga mereka menilai tato wajah sudah tidak menjadikan wanita tampil cantik.

Wah wah, tapi setidaknya ini bisa menjadi sejarah yang tidak terlupakan. Begitu beratnya ujian pada saat itu untuk menghindari perlakuan raja yang menculik gadis-gadis desa. Bagaimana menurut sobat planner ?.

/Fu

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.