Header Ads

Jadi Jutawan Cuma Modal Nulis

Candu Internet Menjadi Masalah Ketika Pulsa Tak Ada di Desa

Tugu Lawet dan Pantai Rowo
Kebumen - Diawali dengan Nama Kota yang dijuluki Kota Beriman (Bersih, Indah, Manfaat, Aman dan Nyaman) ini sungguh memiliki panorama indah dengan keunikan bahasa Ngapak yang sering menggema. Tentu, meskipun bukan termasuk wilayah Tegal yang notabene sudah terkenal dengan ke-ngapakannya, Kebumen juga memiliki genre bahasa yang senada. Disamping keunikan genre bahasa, pemandangan yang masih indah di wilayah desa pun terlihat mempesona. Dan yang paling menarik hingga sanggup membuat pusing jika orang kota datang ke sini adalah belum banyaknya tempat-tempat yang masuk kategori modern yang "sebenarnya".

Sebelumnya, perkenalkan saya adalah Sandi yang berasal dari Desa Mangunranan, Kecamatan Mirit, Kabupaten Kebumen. Tak banyak tempat bagus dengan gemerlap lampu warna-warni layaknya kota besar di sini, alias semuanya masih seperti biasa dengan bohlam berwarna kuning atau neon berwarna putih. Kini saya bekerja di sebuah kota besar di Indonesia bagian Timur. 

Jalanan Mirit juga tak banyak penerangan yang memadai, yang tentu saja lampu kendaraan sangat diperlukan di sini. Tapi, pemandangan alam yang masih asri tentu sangat menyejukkan mata dengan jalanan yang lurus nan halus. Saat padi berwarna hijau sungguh indah sejauh mata memandang. Kamera ponsel siap beraksi untuk mengambil moment sangat indah ini. Jepret! Jepret! suara dari smarphone berkamera belakang 13 megapixel milik saya ini. (lihat gambar)


Jalanan Prembun - Mirit
Jalanan Prembun - Mirit

Pulsaku habis -------------|

Setelah beberapa saat, sudah banyak gambar yang saya dapatkan seperti yang ditampilkan di gallery smartphone saya. Wah sudah tidak sabar untuk memamerkan hasil jepretan dari desa ini kepada kawan-kawan saya di kota sana. Ya, karena saya bekerja di luar kota yang cukup jauh dari Kebumen. Beberapa foto saya jadikan satu, kemudian saya edit dengan tambahan sedikit pencahayaan pada beberapa foto tersebut. Akhirnya jadi juga editan foto saya.

Sawah di Desa Mangunranan, Mirit, Kebumen

Wah wah, ini saatnya untuk di upload ke sosial media, yang saat ini saya memiliki beberapa sosial media antara lain facebook, twitter, path, instagram dan mindtalk. Menunggu beberapa saat proses upload foto ke beberapa sosial media. Anehnya foto indah yang saya upload gagal dan muncul kata "upload failed", begitu seterusnya meskipun diulang beberapa kali.

Saya pikir mungkin sinyal ponsel saya yang kurang stabil, akhirnya sedikit saya bergerak menuju tempat terbuka. Saya coba kembali, wah ternyata masih belum bisa dan kata itu muncul kembali. Kemudian yang terlintas dibenak saya tentu adalah mengecek keadaan pulsa saya melalui fitur yang ada untuk provider saya. Dan "Gubrag..!" ternyata paket internet saya sudah mencapai titik terndah saat itu.

Sawah di Desa Mangunranan, Mirit, Kebumen

Susahnya Cari Pulsa --------------|

Tanpa pikir panjang, saya berlari mengambil dompet dan menuju "konter" terdekat untuk membeli pulsa. Sambil "ngos-ngosan" saya bertanya sama mas penjaga konter tersebut, "mas tumbas pulsa seket ewu sm*rtfr*n" (mas beli pulsa 50 ribu sm*rtfr*n). Menunggu beberapa saat ternyata mas konter mengatakan "wah ora isa mas, lagi troble kayake" (wah tidak bisa mas, sedang troble sepertinya). Tanpa babibu, setelah mendengar mas konter bilang begitu saya berlari mengambil kunci sepeda motor dan melaju cepat menuju konter lain. Saya bertanya kembali, "mas pulsae sm*rtfr*n seket ewune isa ora?" (mas pulsa 50 ribu sm*rtfr*n bisa tidak?). Sang mas konter menjawab "waduh mas ora adol pulsa sm*rtfr*n" (waduh mas, tidak jual pulsa sm*rtfr*n). Ah, langsung kutancap gas kembali untuk mencari konter lain yang agak jauh dari rumah. Kembali saya bertanya di konter ke 3 ini, "mas adol pulsa seket ewu sm*rtfr*n ora?" (mas jual pulsa 50 ribu smartfren tidak?). Sang mas konter menjawab, "adol mas tapi biasane mlebune suwe, seket limo ewu regone?" (jual mas tapi biasanya masuknya lama, 55 ribu harganya?). Dengan penuh emosi jiwa saya menjawab, "ya wes mas, ora papa isi ae seket ewu ojok kesuen" (ya sudah mas, tidak apa-apa diisi saja 50 ribu tidak pakai lama). Dan kemudian saya bayar dengan harga yang tidak biasa menurut saya.

Akhirnya, saya bisa mendapatkannya dengan penuh usaha serta kegigihan meskipun tidak bisa langsung digunakan. Setelah kembali ke rumah saya pun menunggu "pulsa" itu masuk. 1 jam, 2 jam, 3 jam, hingga 5 jam masih saja yang si "pulsa" belum juga masuk. Waktu sudah menunjukkan pukul 7 malam Waktu Indonesia Bagian Barat.

Setelah sekian lama menunggu akhirnya pulsa tersebut masuk dan saya bisa menggunakan kembali ponsel kesayangan saya untuk mengupload foto-foto yang tadi sudah saya edit susah payah menggunakan aplikasi ponsel. 

Tantangan Di Pedesaan dan Solusinya ---------|

Itulah salah satu kejadian konyol dari puluhan kejadian yang tidak mengenakkan ketika menggunakan smartphone gara-gara Pulsa Internet.

Dari cerita nyata di atas menggambarkan bahwa teknologi belum sepenuhnya maju di wilayah pedesaan. Banyak tantangan yang perlu di selesaikan. Salah satunya dengan pengadaan salah satu point penting dalam dunia telekomunikasi yaitu "PULSA". Desa saya bukan merupakan Desa terpencil bukan pula merupakan Desa tertinggal. Beberapa orang sudah mampu membeli "smartphone" meskipun dengan spesifikasi rendah dan harga terjangkau. Tapi jika PULSA saja susah diperoleh bagaimana kita bisa menggunakan smartphone dengan maksimal?. Masyarakat pun mengharapkan adanya PULSA MURAH di daerahnya.

Tampilan Halaman Depan Website http://pojokpulsa.co.id
Tampilan Halaman Depan Website http://pojokpulsa.co.id
Pengusaha konter juga diharapkan bisa lebih meningkatkan mutu dan pelayanan pada setiap konter yang dimiliki. Disamping menyediakan PULSA ELEKTRIK diharapkan masyarakat yang memiliki usaha konter juga menyediakan pulsa dalam bentuk voucher. Sama halnya dengan konter PULSA ELEKTRIK JAKARTA yang tidak hanya menyediakan pulsa untuk ponsel, pengusaha konter bisa menambahkan token PLN atau voucher game juga. Karena sudah mulai banyak yang menggunakan smartphone di Desa ini. Ada rekomendasi terbaik yaitu http://pojokpulsa.co.id yang banyak menyediakan fitur unggulan dalam penjualan pulsa. Dalam hal ini PULSA MURAH JAKARTA juga akan bisa diterapkan di Desa.

Fitur Pojok Pulsa
Fitur Pojok Pulsa
Tentang POJOK PULSA sendiri memiliki banyak fitur yang lengkap di dalamnya. Mulai dengan proses pendaftaran yang gratis, kebebasan deposit sesuai dengan kebutuhan, kemudahan bertransaksi dan mendapatkan komisi yang bisa ditukar kapan saja, fasilitas online webreport yang memberikan informasi transaksi anda secara realtime hingga fitur SMS end user. Dengan begitu, pengusaha konter dapat dengan mudah menjual pulsa dengan keuntungan yang jauh lebih besar serta kemudahan dalam proses report transaksi yang sudah dilakukan.

Alternatif -----------|

Dalam hal jangkauan jaringan, beberapa provider belum semuanya memberikan layanan yang memuaskan. Hanya beberapa provider yang mampu  memberikan layanan jaringan yang cukup baik di Desa ini. Alasan inilah yang membuat beberapa konter tidak menyediakan pulsa tertentu selain karena kurangnya informasi mengenai system yang dimiliki Pojokpulsa.

Dengan semakin maju teknologi komunikasi, kini penjualan pulsa juga semakin baik. Ada beberapa cara yang bisa dipilih pemilik konter untuk bisa menjual pulsa berbagai macam provider tanpa menggunakan banyak ponsel. Sehingga, semua provider bisa dilayani dengan baik. Ini merupakan angin segar untuk masyarakat yang suka memilih dan memilah provider mana yang akan ia gunakan. Tentu saja pengusaha konter bisa mendapatkan solusi tersebut melalui http://pojokpulsa.co.id

Dengan adanya kemudahan demikian diaharapkan, lebih banyak lagi orang di Desa yang bisa mengetahui dunia luar. Bisa mengembangkan usaha mereka dari literatur-literatur di internet dan banyak lagi manfaat lain dari internet. Tentu dengan pengawasan-pengawasan yang baik untuk bisa memanfaatkan internet yang positif. 

Peranan "Pulsa" di pedesaan memang sangatlah penting dimana Desa tak seperti Kota yang banyak memiliki akses atau cara lain untuk membeli pulsa. Beberapa contohnya adalah kita bisa membeli di konter, kita bisa mengisi melalui ATM, Membeli di minimarket atau mengisi melalui web dengan proses transfer atau lain sebagainya. Beberapa provider memang memberikan layanan internet yang sangat terjangkau hingga masyarakat di desa sangat tertarik untuk memilih provider tersebut. Namun, itu semua tidak diimbangi dengan kualitas jaringan yang diterima oleh masyarakat desa.

Dengan adanya internet yang lebih luas di desa, pengetahuan masyarakat pasti akan lebih maju. Mengisi pulsa sendiri pastilah sangat mudah tanpa harus tergantung kepada konter seperti cerita saya di atas tadi. Saya berharap semua desa sudah bisa mengakses Internet dan mampu mendapatkan informasi positif dari internet.

Itulah cerita dari salah satu Desa di Kebumen yang behubungan dengan PULSA.

Fajar Umarsandi
Tag : Pulsa, Pulsa Murah, Pulsa Elektrik, Pulsa Murah Jakarta, Pulsa Elektrik Jakarta



3 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.