Header Ads

Jadi Jutawan Cuma Modal Nulis

Aih, Di Rusia Ada ATM Untuk Meminjam Uang

mesin peminjam uang di Moscow, Rusia
Mesin peminjam uang di Moscow, Rusia
Plinplan.net - Anjungan Tunai Mandiri atau yang sering disebut ATM menjadi salah satu layanan perbankan yang besar manfaatnya bagi warga masyarakat. Dengan adanya ATM kita bisa mengambil uang, mentransfer bahkan membeli pulsa dengan mudah. Hal-hal tersebut adalah kegiatan yang lumrah kita temui sekarang ini. Tapi, bagaimana jika sebuah ATM justru bisa sebagai alat yang memberi pinjaman uang ?.

Rusia adalah negara yang menerapkan system ATM pinjaman uang ini. ATM berwarna orange tersebut terletak di beberapa tempat umum. Bagaimana yah cara kerjanya hingga orang bisa meminjam uang melalui mesin tersebut ?

Dikutip dari bloomberg, dalam sebuah wawancaranya, ada seorang warga yang ingin menggunakan mesin ATM tersebut. Sergai Amirkhanov adalah warga Rusia yang hendak meminjam uang. Ia kemudian berdiri di depan mesin tersebut, kemudian mesin tersebut akan melakukan scanning atau pemindaian pasport milik Sergai. Selanjutnya mesin akan mengambil foto Sergei. Dan kemudian meminta untuk memasukkan nomor ponsel milik Sergei. 

Uang pinjaman memang tidak langsung muncul layaknya mesin ATM. Namun, pria ini harus menunggu sebuah pesan melalui ponselnya. Setelah pesan diterima maka Sergei akan kembali ke mesin tersebut dan bisa mengambil uang tersebut. 

Wah, simpel banget yah cara kerjanya. Mungkin bisa ditiru yah di Indonesia, tapi jangan sering-sering yah sobat planner. Bisa berat bayarnya nanti.

Nah, mesin pinjaman uang ini adalah milik dari seorang milyarder Rusia (Oleg Boyko) yang semua hartanya didapat dari perjudian. Namun sejak perjudian dilarang di Rusia, akhirnya ia memindahkan bisnisnya ke luar negeri  dan masih tetap mengatur keuangan dari bisnisnya tersebut hingga kini.

Mesin pinjaman uang ini kini sudah tersedia 20 unit yang tersebar di bebagai tempat umum di kota Moscow. Tentu saja ada beberapa aturan yang ditetapkan untuk meminjam uang melalui mesin ini.

Peminjam hanya diperbolehkan meminjam uang dengan batas maksimal 15.000 ruble yang harus dibayarkan dalam kurun waktu 20 hari dan ditambah bunga sebesar 2%. Peminjam dapat mengembalikan uang tersebut melalui bank lokal atau melalui pembayaran digital yang tersedia. Dan jika setelah masa jatuh tempo tiba, peminjam belum menyelesaikan pembayarannya maka akan beri peringatan melalui email, pesan sms, ataupun telepon dan bisa sampai pada debt collector jika peminjam terlambat hingga 3 bulan lamanya.

Wah , tetap hati-hati yah jika meminjam uang sobat planner. 

(FU)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.