Header Ads

Jadi Jutawan Cuma Modal Nulis

Robot Industri YuMi Masuk Indoneisa, Bagaiman Nasib Karyawan?

Robot YuMi
Robot YuMi 
Plinplan.net - Bagaimana  pendapat sobat planner jika beberapa pekerjaan yang secara estafet terus menerus dan biasa dilakukan manusia akan digantikan dengan sebuah robot? Sebuah fenomena yang akan kita hadapi dalam waktu dekat sejak masuknya robot industri YuMi di Indonesia.

Robotics LBU Manager ABB Indonesia Lilik Suharmawan mengatakan, YuMi merupakan robot sederhana dan ringan yang diciptakan sangat bersahabat dengan manusia, dengan dua lengan dan cara pengoperasian yang tidak rumit.

Dengan menggunakan robot YuMi akan meninkatkan efisiensi biaya karena pekerjaan yang tadinya dikerjakan oleh manusia kini bisa dikerjakan oleh robot YuMi. YuMi berpostur tinggi 56 cm dan memiliki bentang lengan (kiri ke kanan) selebar 162 cm, serta spesifikasi IRB 14000 – 0,5/0,5. Dengan kata lain, masing-masing lengan YuMi dapat memboyong beban 0,5 kg. Bahkan, YuMi juga dilengkapi dengan kamera dimasing-masing lengannya seakan mampu melihat layaknya manusia. Bobotnya hanya 38 Kg saja loh sobat planner.

YuMi sendiri memang dibuat dengan bentuk menyerupai manusia, bahkan dengan poros-poros yang lentur sehingga mempermudah dalam mengerjakan tugasnya. Beberapa pekerjaan yang bisa dikerjakan oleh YuMi antara lain, merakit komponen smartphone, menyusun lego, merakit komponen elektronik lain dan sebagainya.

YuMi digerakkan menggunakan jaringan tablet atau smartphone dengan koneksi via wifi. So, sangat mudah bukan? Bahkan, tak perlu orang yang memiliki pendidikan tinggi untuk bisa menjalankan robot YuMi ini.

Kalau sudah begini pastilah sobat planner tahu bagaimana nasib karyawan perakitan nantinya. Jika ada yang lebih efisien kenapa pilih yang mahal. Tapi perlu diketahui juga, YuMi memang bisa merakit komponen-komponen elektronik, tapi tidak untuk hal yang membutuhkan kerumitan serta tingkat presisi yang tinggi. Artinya dalam hal-hal tertentu kemampuan manusia tetap masih dibutuhkan. 

Kini tinggal bagaimana sebuah perusahaan bijak menggunakan robot YuMi tersebut. YuMi yang mulai masuk Indonesia ini akan mulai dijual untuk umum. YuMi akan diperkenalkan pada pameran Electric Power and Renewable Energy Indonesia 2015 di JIExpo pada 16-19 September mendatang. Sobat planner bisa membelinya dengan harga Rp 500 jutaan. Kini pihak ABB telah menyediakan 40.000 robot YuMi dan dapat disesuaikan dengan aplikasi apa yang dinginkan oleh pembeli.

Wih, canggih memang tapi bersiaplah untuk bersaing. Bukan lagi dengan sesama manusia melainkan dengan robot. 

(FU)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.