Header Ads

Jadi Jutawan Cuma Modal Nulis

Festival Orang - orangan Sawah di Inggris Buat Merinding

Orang-orangan sawah
Orang-orangan sawah 
Plinplan.net - Sobat planner pasti sudah pernah melihat orang-orangan sawah di Indonesia. Biasanya banyak terdapat di sawah pedesaan yang banyak populasi burung pemakan gabah (padi). Dengan adanya orang-orangan sawah burung akan takut karena mengira ada petani yang berjaga di sawah tersbut.

Sama dengan di Indonesia, ternyata di Inggris pun memiliki hal yang sejenis. Bahkan, mereka merayakan setiap tahunnya bertajuk Festival Orang-orangan Sawah atau Scarecrow. Pada dasarnya orang-orangan sawah ini terbuat dari kumpulan jerami dan kayu yang dibentuk menyerupai manusia yang bertujuan untuk menghalau hewan-hewan yang akan merusak tanaman milik petani.

Boneka dengan jerami dan kayu tersebut merupakan metode yang sudah lama ditinggalkan. Para petani beralih dengan meminta bantuan anak laki-laki untuk berpatroli di ladang mereka untuk menghalau hewan-hewan yang akan merusak tanaman para petani. Namun, sejak wabah penyakit yang menyebabkan ribuan orang meninggal, para petani pun kesulitan untuk mencari anak laki-laki yang bersedia untuk menjaga ladang milik para petani tersebut.

Sejak itulah para petani pun kembali menggunakan orang-orangan sawah dengan menggunakan jerami yang dibungkus karung serta labu yang digambar wajah seperti manusia dan lain sebagainya agar terlihat seperti manusia / petani yang sedang menjaga ladangnya.

Orang-orangan sawah

Namun sobat planner, sekitar tahun 1800-an muncul banyak pabrik yang memberikan pekerjaan kepada orang-orang sekitar dengan pendapatan yang jauh lebih baik. Mengakibatkan banyak petani yang beralih bekerja di pabrik-pabrik di sekitar wilayah mereka, seperti yang di lansir dari wowkeren.com.

Eits, tapi tak serta merta scarecrow itu hilang dari bumi Ingris. Hingga kini warga inggris masih membuat boneka orang-orangan sawah untuk mengikuti sebuah festival yang diadakan setiap tahunnya pada musim panas dan ada pula yang mengadakan pada musim gugur. Tujuannya tidak lain adalah untuk menyenangkan hati anak-anak dengan mengingatkan mereka tentang sejarah orang-orangan sawah.

Wah di Indonesia bagaimana yah ? Apakah ada yang mengadakan festival ini ya sobat planner ?

(FU)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.