Header Ads

Jadi Jutawan Cuma Modal Nulis

Apa sih Beda 4 LTE Advanced dengan 4G LTE Biasa ?

Smartfren 4G LTE Advanced
Smartfren 4G LTE Advanced
Plinplan.net - 4G LTE memang sedang booming belakangan ini. Hampir setiap operator saling menunjukkan taringnya untuk mempromosikan kehebatan 4G LTE milik masing-masing operator. Tapi, tahukah sobat planner? Ternyata ada tingkatan pula dalam koneksi jaringan 4G LTE.

Tentu saja sobat planner, sama halnya pada generasi GSM yang memiliki tingkatan seperti pada 3G misalnya, ada berawal dari kecepatan 2 Mbps, kemudian 5 Mbps hingga 45 Mbps dan CDMA berupa Rev 0, Rev A dan Rev B, 4G LTE pun demikian. Ada beberapa tingkatan yang dimiliki jaringan cepat ini. Mulai dari versi 10, 11 hingga Advanced. Meskipun demikian 4G LTE memiliki kecepatan yang melebihi generasi sebelumnya. Bahkan, untuk tingkat Advance sobat planner bisa memutar video streaming kualitas HD dengan sangat lancar.

Namun, sobat planner jangan sampai menelan mentah-mentah kecepatan yang tertulis atau tertera pada promosi sebuah operator. Memang jika dalam penggunaan tertentu dan syarat tertentu telah dipenuhi, sobat planner sangat bisa mendapatkan kecepatan yang maksimal. Ibaratnya seperti ketika anda bermain di warnet. Ketika sobat planner bermain sendiri saat itu, bisa saja sobat planner berinternet ria dengan sangat cepat. Tapi, jika saat semua PC digubakan untuk internet secara bersamaan, maka kecepatan juga akan turun karena semakin banyak pengguna yang mengakses internet.

Praktisi IT, Onno W. Purbo mengatakan "Yang namanya data via mobile, teknologinya akan berusaha secara otomatis memakai kecepatan yang sangat tinggi". Ini terjadi jika jarak antara pengguna dengan BTS sangat dekat dan tidak banyak pengguna serta tidak ada gangguan lain yang mempengaruhi kecepatan.

Perbedaan kecepatan antara 4G LTE dengan Advanced adalah pada LTE biasa kecepatan maksimal yang diperoleh mencapai 150 Mbps sedangkan pada Advanced diklaim bisa mencapai 300 Mbps. WOW cepet sekali yah sobat planner. 

Seperti diketahui sobat planner. 4G LTE Advanced dimiliki oleh Smartfren dengan memanfaatkan frekuensi 2,3 GHz dengan lebar pita 30 MHz dan di frekuensi 850 MHz dapat jatah lebar pita 10 Mhz. Kemudian disusul oleh GSM, 4G LTE digelar pada frekuensi 1.800 Mhz ditempati oleh Telkomsel dengan lebar pita 22,5 MHz, XL 22,5 MHz, Indosat 20 MHz, dan Hutchison 3 Indonesia 10 MHz. Saat ini, pemain GSM masih sedang dalam tahap penataan frekuensi 1.800 Mhz dikutip dair merdeka.com.

So bagaimana menurut sobat planner kecepatan internet versi sobat sekarang ini. Bagi pengguna LTE masing-masing operator bagaimankah perbandingannya ya? 

(FU)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.