Header Ads

Jadi Jutawan Cuma Modal Nulis

Yuk! Tes Kesehatan Otak Dengan Mengangkat Kaki Selama 20 Detik

Berdiri kaki satu
Berdiri kaki satu
Plinplan.net - Ketika olah raga, pemanasan atau olah raga ringan tentunya sobat planner pernah melakukan hal ini. Mengangkat salah satu kaki ke atas mungkin sudah hal biasa bagi sobat planner dalam waktu beberapa detik. Tahukah sobat planner, mengangkat kaki bisa membantu mengetahui seberapa sehat otak kita loh.

Dalam Jurnal Stroke disebutkan bahwa "ada keterkaitan antara kemampuan berdiri kamu menggunakan satu kaki selama lebih dari 20 detik dengan kesehatan otak kamu".

Di Jepang peneliti pun melakukan survey kepada 1.400 orang untuk mencoba hal ini. Kategorinya untuk yang berusia rata-rata 67 tahun. Mereka harus mencoba berdiri dengan satu kaki dan dengan mata terbuka selama 60 detik. Mereka diberi kesempatan dua kali untuk mencoba ini sobat planner, seperti dikutip dari laman Prevention. Kemudian dengan menggunakan alat MRI, otak mereka akan dipindai sobat planner untuk dilihat seberapa besar pengaruhnya. 

Dari hasil survey tersebut dijelaskan bahwa partisipan yang berusaha menyeimbangkan untuk bisa berdiri dengan satu kaki selama 20 detik, mereka memiliki penyakit pembuluh kecil otak (small-vessel disease/ SVD), meskipun tidak ada gejala yang signifikan. Perlu diketahui SVD sendiri dapat berpengaruh kepada penyakit Stroke, Demensia dan juga Parkinson. Dan partsipan yang memiliki waktu keseimbangan atau berdiri dengan waktu terpendek ternyata memiliki skor kinerja mental terendah. 

Secara medis dijelaskan bahwa hubungan antara keseimbangan dengan kesehatan otak adalah "Keseimbangan dicapai dan dikelola oleh tiga sirkuit sensorik utama (di otak). Seperti penglihatan, proprioception (rasa posisi tubuh), dan sistem vestibular seperti telinga dalam dan lain-lain," jelas Jose Biller, ketua neurologi di Loyola Medicine di Maywood, IL.

Secara umumnya, otak merupakan sistem syaraf pusat sobat planner yang menjadi pengendali tubuh kita. Dengan berkurangnya kemampuan syaraf motorik kita, maka akan menggangu gerakan-gerakan kita bahkan dengan berdiri satu kaki selama beberapa detik. Apabila hal ini sudah tidak bisa kita lakukan itu berarti ada masalah dengan otak kita sobat planner.

Wah wah, sobat planner bisa mencobanya sendiri di rumah. Coba cek seberapa lama sobat planner bisa menjaga keseimbangan dan pada detik keberapa sobat planner sudah mulai berusaha keras untuk menjaga kesimbangan.

(FU)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.