Header Ads

Jadi Jutawan Cuma Modal Nulis

Yuk ! Jalan-jalan ke Kampus Hijau Bersertifikat ITSB Bandung

ITSB Bekasi
ITSB Bekasi
Plinplan.net - Kali ini writer ingin mengajak sobat planner untuk jalan-jalan. Meski sedang puasa tak apalah. Oke, tempat kali ini yang dikunjungi adalah Green Campus yang diklaim adalah satu-satunya di Indonesia. Tempat ini adalah ITSB ( Institut Teknologi dan Sains Bandung).

ITSB merupakan satu-satunya kampus yang berhasil mendapatkan sertifikat resmi tentang kampus ramah lingkungan. Rektor ITSB Ari Darmawan menjelaskan, Kampus ITSB pada tahun 2011 silam telah mendapatkan Sertifikat resmi sebagai Green Campus dari Green Building Council Indonesia (GBCI). WOW! hebat juga yah kampus ini sampai mendapatkan sertifikat ini.

Ngomong-ngomong GBCI itu apa yah sobat planner ? 

GBCI merupakan perwakilan Indonesia untuk World Green Building Council (WGBC) di Toronto sobat planner. Kemudian WGBC sendiri telah diikuti oleh 102 negara loh sobat planner. Dan masing masing negara hanya ada satu GBC (Green Building Council).

Kampus ini pun menggunakan manajemen air yang didaur ulang loh sobat planner. Bahkan, kampus ini menampun air hujan sebagai cadangan air untuk keperluan kampus sehari- hari. Kampus ini juga menggunakan daya listrik yang sangat kecil loh dibandingkan dengan gedung yang sejenis lainnya dengan pemakaian hanya 126 kWh/m2/tahun seperti dirilis okezone.

ITSB Bekasi

Wah wah irit juga yah green campus ini sobat planner. Coba saja bayangkan jika semua gedung-gedung yang seperti ini memiliki sertifikat yang sama sebagai Green Office atau Green Campus yang lain, pastinya akan menghemat lebih banyak lagi yah.

Kampus ini memiliki luas 4 ha dengan luas bangunan 4.000 m2 dan terletak di Bekasi. Keunggulan lainnya adalah Kampus ini didesign dengan posisi kaca berada pada bagian utara dan selatan, agar tidak  terkena langsung paparan matahari sobat planner.


Meskipun begitu, cahaya matahari tetap masih bisa masuk memenuhi ruangan. Kampus memang masih tetap menggunakan pendingin ruangan, namun perbedaannya, pendingin ruangan ini telah memiliki kemampuan mendeteksi CO2 sehingga mampu otomatis mati jika kadar CO2 sudah terlampau banyak.

Bagaimana enak kan, semuanya sudah didesign sedemikian rupa agar di dalam terasa nyaman. Begitu juga dengan luar ruangan, ada danau buatan, pepohonan yang hijau membuat kampus ini merasa lebih nyaman. 

Widih jadi makin betah nih, yang penting jangan sampai kelaman jadi mahasiswa yah hehehe...

(FU)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.