Header Ads

Jadi Jutawan Cuma Modal Nulis

KEREN ! Lift Khusus Perahu Di Belgia

Strepy-Thieu
Strepy-Thieu
Plinplan.net - Wow, satu kata yang tepat untuk lokasi yang satu ini di Belgia. Yah, Lift yang dikhususkan untuk perahu yang melintas dan menuju ke sungai lain yang berbeda ketinggian. Loh kok bisa ya sobat planner ? 

Jadi pada zaman dahulu nih sobat planner. Ada orang Belgia yang yang membuat jalur air atau media yang menghubungkan perairan satu ke perairan lain berupa kanal yang disebut Canal du Centre. Sungai yang akan dihubungkan oleh media ini adalah antara sungai Meuse dengan sungai Scheldt.

Pada tahun 1879 tercetuslah ide untuk membuat kanal penghubung tersebut. Hanya saja nih sobat planner, ketinggian yang mencapai 96 meter menyebabkan ide ini menjadi tehambat. 

Eits namun seseorang bernama Edwin Clark mampu memecahkan masalah tersebut meskipun dengan cukup ekstrem sih. But its OK! Idenya adalah menghubungkan kedua sungai dengan alat bantu "LIFT". Akhirnya dibangunlah dengan total ada 4 Lift saat itu dan mulai dibuka pada tahun 1917. Em sudah cukup tua yah.

Lift ini dari tahun ketahun selalu mengalami pemugaran dan rekonstruksi kembali agar semakin baik dan kokoh. Pada tahun 1982 sampai 2002, lift ini sudah menghabiskan total biaya RP 2,5 trilliun loh sobat planner. Dan pada tahun tersebut kapasitas muatannya sudah mampu mencapai 256 ton. Kemudian pada tahun 2006 kapasitas muatan bertambah hingga 2295 ton. WOW binggo kan sobat palnner.

Strepy-Thieu
Strepy-Thieu
Lift untuk perahu ini diberi nama Strepy-Thieu dan berada di provinsi Hainaut, tepatnya di Le Roeulx itu menjadi wisata favorit para turis yang sedang berkunjung di Belgia kutip dari wowkeren.com. Disamping Lift yang futuristik dan bernilai sejarah, tempat ini juga sangat indah loh sobat planner. Dan pas dijadikan tempat tujuan wisata yang wajib dikunjungi ketika kita pergi ke Belgia.

UNESCO pun menetapkan Strepy-Thieu menjadi salah satu situs kekayaan dunia karena nilai sejarahnya dan arsitekturnya yang futuristik. Wah wah. .. yuk nabung untuk pergi ke Belgia melihat tempat indah ini yang dikelilingi sungai indah yang sangat bersih.

(FU)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.