Header Ads

Jadi Jutawan Cuma Modal Nulis

Kenapa Tidak ada Sosok Ayah di Kemasan Khong Guan

Biskuit Khong Guan
Biskuit Khong Guan
Plinplan.net - Biasanya menjelang lebaran pasti banyak meme - meme lucu yang akan keluar. Salah satunya tentang Biskuit Khong Guan yang dibuat meme bertma "tipuan", karena di dalamnya sudah tidak berisi biskuit lagi melainkan makanan lainnya. Nah, sadarkah sobat planner pada foto kaleng Khong Guan tidak terdapat gambar Ayah ?
Bapak Pada Biskuit Khong guan
Bapak Pada Biskuit Khong guan

Jika sobat planner sadar berarti anda cukup jeli dalam melihat kemasan ini. Terus dimanakah sang ayah ? Kenapa tidak ada pada foto tersebut. Bukannya idealnya penggambaran keluarga bahagia akan sangat lengkap jika kedua orang tua ada pada foto tersebut ?

Kaleng ini mungkin sudah sobat kenal sejak kecil, sudah bisa menjadi sejarah mungkin yah. Bahkan hingga sekarang Khong Guan tetap mempertahankan kemasan legendarisnya ini. Khong Guan sendiri sudah ada sejak 1971 loh sobat planner. Sangat tua untuk sebuah perusahaan biskuit yah. 

Kita ketahui pada kemasang biskuit Khong Guan terdapat gambar dua anak dan seorang ibu yang sedang berada di meja makan. Namun, kenapa tak ada sosok ayah di situ  ? Apa maksdunya ? Yuk kita tanya orang yang menggambar foto tersebut.

Bernardus Prasodjo, merupakan pemilik ide dan yang menggambarnya untuk kemasan Khong Guan ini. Jawaban dari Bernadus sangat simpel menanggapi tentang gambar ini. Ia menjelaskan, bahwa "mereka adalah keluarga yang bahagia, sang ayah bukannya tidak ada melainkan sedang memotret mereka bertiga saat itu". Terjawab sudah yah sobat planner maksud dari gambar ayah yang tidak ada pada foto tersebut.

Awal mula ide ini adalah saat Bernadus pindah ke daerah Roxy, Grogol Petamburan, Jakarta Barat.  Dia bekerja di perusahaan separasi warna yang memintanya untuk membantu menggambarkan design kemasan biskuit Khong Guan tersebut. Bernadus pernah kuliah di ITB jurusan seni rupa. Namun, ia berhenti dan tidak melanjutkan kuliahnya lagi. Ia pernah mengajar di graphic design di LPTK Gramedia Jakarta. 

Ternyata Bernadus pula yang menggambar pada kemasan Waffer Nissin loh sobat planer. Bernadus mengaku bahwa idenya itu tidak semata-mata murni darinya. Ia hanya mencontek gambar hitam-putih yang telah ada. Bernadus kemudian mewarnai seperlunya saja sesuai dengan pesanan yang diminta.

Begitulah sobat planner, cerita dibalik gambar keluarga harmonis pada Kemasan Biskuit Khong Guan.

(FU)



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.