Header Ads

Jadi Jutawan Cuma Modal Nulis

Abah Anom, Modal Rp 1000 Menghasilkan Jutaan Rupiah

Abah Anom
Abah Anom
Plinplan.net - Ini merupakan kisah unik yang cukup memberikan inspirasi untuk kita semua. Dari kisa Abah Anom, kakek yang berasal dari desa Mekar Jaya, kecamatan Kiara Pedes, Kabupaten Purwakarta ini berhasil membuat orang terkagum-kagum dengan cerita keberhasilan Abah Anom ini sobat planner.

Ok sobat planner, Cerita berawal dari ketika Abah Anom mendapatkan hadiah berupa uang tunai Rp 50.000 dari wakil bupati waktu itu (kini telah menjadi Bupati). Hadiah itu Abah Anom dapat karena mampu menjawab pertanyaan yang dilontarkan oleh Wakil Bupati tersebut.

Abah Anom berfikiran di usianya yang sudah senja untuk apa uang Rp 50.000 ini ?, kemudian Abah Anom pun tanpa berpikir panjang langsung membeli benih lada dengan hanya mengeluarkan uang Rp 1000 saja. Benih itu kemudia ia tanam di lahan milik perhutani sobat planner.

Pada awalnya memang Abah Anom tidak tahu menahu mengenai harga lada sesungguhnya. Ketika tetangga ingin memintanya, Abah Anom pun memberinya secara gratis tanpa dipungut biaya.

Karena cukup banyak peminatnya nih, dan lahan yang tersedia cukup besar, yaitu mencapai 1 hektar, Abah Anom pun semakin rajin menanam lada. Sejak 2 tahun terakhir ini ia mampu menghasilkan lada sebanyak 90 kilogram bahkan hingga 100 kilogram. 

Panen 90 kilogram saat itu dihargai perkilogramnya Rp 80.000, dan pada saat panen 100 kilogram harga perkilonya mencapai Rp 90.000. Cukup menghasilkan bukan sobat planner. Nah, dari sinilah Abah Anom sadar betapa tingginya nilai jual lada dipasaran.

Abah Anom

"Pada bulan syawal nanti akan panen kembali, sudah ada yang menawar perkilonya Rp120.000 tapi saya tahan dulu" ungkap Abah Anom. 

Sobat planner pasti tahu bahwa ada merupakan salah satu komoditas penting yang sedang naik daun sekarang ini. Rata-rata masakan apapun membutuhkan salah satu rempah tradisional ini untuk menambah cita rasa pada masakan tersebut. Bahkan beberapa camilan juga menggunakan lada sebagai penambah rasa pedas. 

Gara-gara Abah Anom mulai banyak yang melirik budidaya lada ini loh sobat planner. So, bagaimana ada yang berminat untuk membudidayakannya ? Jika ada lahan kenapa tidak ?

(FU)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.