Header Ads

Jadi Jutawan Cuma Modal Nulis

SANGAR ! Di Magelang Siswa SD Wajib Bikin Film

SANGAR ! Di Magelang Siswa SD Wajib Bikin Film
SANGAR ! Di Magelang Siswa SD Wajib Bikin Film
Plinplan.net - Hampir di seluruh penjuru negeri menyukai film, baik kolosal, action, percintaan atau mungkin juga animasi-animasi. Banyaknya produksi film membuat beraneka ragam cerita yang didapatkan oleh penonton yang menikmatinya. Ada cerita yang positif, namun tak jarang cerita itu justru mengandung kontroversi.

Itu sebabnya perlu dilakukan pengkajian ulang mengenai pembuatan film, narasi dan alur cerita yang akan dibuat menjadi rangkaian film. Seperti halnya pada sebuah SD di Magelang, yang menjadikan pembuatan film menjadi salah satu materi yang akan didapatkan peserta didik tersebut.

Siswa SD Magelang ini mendapatkan materi tersebut di dalam mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Siswa SD mendapatkan ilmu mengenai komputer, software, Operating system, animasi, design hingga teknik pembuatan film loh sobplan. WOW kan!

SD yang sudah menerapkan materi ini adalah SD Santa Maria kota Magelang, Jawa Tengah sobplan. Seperti pada kunjungan Wali Kota Magelang beberapa saat yang lalu, Kepala Sekolah Eko Mujiono mengatakan bahwa "TIK merupakan salah satu program unggulan sekolah kami, khususnya dibidang muatan lokal" seperti yang dikutip dari suara.com.

Mulai siswa kelas I hingga kelas III, siswa diajarkan mengenai dasar-dasar komputer agar lebih bisa memahami penggunaannya. Kemudia, barulah ketika sampai pada kelas IV hingga VI barulah siswa mulai diajarkan dan diperkenalkan dengan software, animasi, grafis dan teknik pembuatan film.

Nah, sebagai tugas akhir mereka, semua siswa akan diberi tugas untuk membuta film yang berisi tentang profil mereka yang berhubungan tentang pendidikan loh sobplan. Bagus sekali yah idenya. 

Alat yang digunakanpun bebeas sobplan, bisa menggunakan handy cam bagi yang memiliki atau bahkan menggunkan kamera pada smartphone yang sekarang sudah cukup bagus untuk mengambil video.

Walikota Sigit menyatakan dukungannya kepada SD Santa Maria yang sudah mulai menerapkan teknologi yang ada sehingga siswa bisa diarahkan dalam penggunaan komputer dan perangkatnya. "Namun tetap harus dikontrol dan diawasi agar tidak sampai pada penyalahgunaan perangkat komputer" ungkap Walikota.

Diharapkan kedepannya nanti siswa SD ini mampu menggunakan tekonologi yang ada dan memanfaatkannya dalam bidang dan kegiatan yang positif yah sobplan. Kita tunggu saja nanti hasil film-filmnya yah sobplan. Dan bagi yang memiliki pekerjaan sebagai Guru TIK mungkin ini bisa ditiru yah sobplan.

Cayo Indonesia ...!!!

(FU)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.