Header Ads

Jadi Jutawan Cuma Modal Nulis

Hah! 1 Milyar Pendengar Musik Mengalami Gangguan Pendengaran

Milyar Pendengar Musik Mengalami Gangguan Pendengaran
Milyar Pendengar Musik Mengalami Gangguan Pendengaran

Plinplan.net - Hello guys, informasi baru akan disampaikan kembali seputar teknologi. Kali ini akan membahas tentang bahaya penggunaan headphone atau mungkin mendengarkan musik, konser yang memiliki tingkat suara yang menggelegar.

Mengapa berebahaya ? Semakin kesini semakin canggih peralatan teknologi yang muncul. Makin banyak penikmat musik yang bisa menikmati musiknya kapan pun juga dimanapun. Apalagi dengan kualitas smartphone yang semakin luar biasa. Memiliki kemudahan akses, streaming, download, dan lain sebagainya membuat orang betah berlama-lama ditemani sang smartphone yah bro and sist ?

Padahal nih sobat plinplan ya, karena kecanggihan ini berdasarkan penyataan WHO, terdapat lebih 1 Milyar manusia yang beresiko mengalami gangguan pendengaran pada usia 12 -35 tahun. Wah wah, sangat memprihatinkan yah guys

Kok bisa sih ? Jadi potensi gangguan pendengaran bisa terjadi jika seseorang mendengarkan suara bising secara terus-menerus selama 85 desibel (hingga 8 jam) atau 100 desibel selama periode yang lebih pendek (15 menit). Padahal bro and sist jika di kota besar kebisingan yang terjadi bisa hingga 85 desibel lo.

Milyar Pendengar Musik Mengalami Gangguan Pendengaran

Di samping itu ada banyak sekali sumber lain yang bisa menyebabkan kerusakan pada pendengaran manusia. Seperti memainkan alat musik untuk lagu-lagu keras, atau juga mendengarkan suara-suara yang sangat keras seperti petasan dan lain sebagainya.

Penikmat musik memiliki resiko besar mengalami kerusakan pendengaran, bisa karena headphone yang kurang baik untuk kesehatan telinga atau juga bisa dari suara yang dikeluarkan terlampau keras. Oleh sebab itu di beberapa smartphone sudah ada tanda warning ketika kita mengeraskan volume suara hingga maksimum. 

Tips saja, jika ingin mendengarkan musik di jalan mungkin bisa menggunakan headphone (yang besar dan berbusa). Jangan menggunakan headset yang kecil.

Itu dia sob, makanya yah mulai dari sekarang yuk bijak menggunakan telinga kita untuk hal - hal yang baik dan tidak membahayakan pendengaran kita. Karena guys, ketika telingamu mengalami gangguan pendengaran (tuli), maka tidak akan bisa dipulihkan kembali itu kata Shelly Chandha ahli gangguan pendengaran dari badan kesehatan dunia WHO. Bahaya kan jika kita tidak bisa mendengar. 



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.