Header Ads

Jadi Jutawan Cuma Modal Nulis

Bunker Perang Dunia II Ditemukan Di Papua

Bunker di Jayapura
Bunker di Jayapura
Plinplan.net - Kali ini si writer akan membahas tentang sejarah, sejarah Perang Dunia II. Sudah ada yang pernah mendapatkan pelajaran ini kan pastinya di sekolah dahulu ? Nah guys di Indonesia baru - baru ini ditemukan peninggalan Perang Dunia II tersebut. Peninggalannya berupa apa yuk kita lihat ulasan berikut ini,

Papua merupakan tempat penemuan salah satu saksi sejarah / peninggalan sejarah yang baru saja ditemukan belakangan ini. Konon ini merupakan peninggalan bekas Perang Dunia II dan penemuan ini adalah berupa Bunker. Seperti dikutip dari wowkeren bahwa menurut staf peneliti dari Balai Arkeologi Jayapura, Hari Suroto, letak bunker sangat strategis karena berada di atas bukit dan menghadap ke arah jalan

Jadi cerita menurut peneliti bahwa dahulu pasukan infanteri ke-18 di bawah pimpinan Jenderal Adach menggunakan bunker ini untuk perlindungan dari musuh. Hal ini dilakukan guna menahan pasukan Divisi Infantri ke-19, Divisi Infantri ke-24 dan Resimen Infantri ke-21 tentara Amerika yang datang dari arah Teluk Tanah Merah. 

Bunker ini terbuat dari kayu yang saat ini sudah terlihat tidak terawat pastinya karena sudah tidak pernah lagi digunakan. Kemudian bunker ini pun dibuat dari batu-batuan yang berasal dari Sungai Kertosari dengan beton yang terbuat dari semen. 

Sebelumnya pemerintah Jepang melakukan pengangkatan kerangka eks tentara Jepang di Papua secara besar-besaran loh guys, khususnya di kabupaten Jayapura pada bulan Oktober 2014 lalu. Menurut Bupati Jayapura Mathius Awoitauw di Sentani mengatakan bahwa hal ini dilakukan di wilayah kabupaten Jayapura tepatnya di Sarmi dan Biak.

Untuk di kabupaten Jayapura, basisnya terletak di Puai guys sesuai dengan nota kesepahaman atau MOU antara Pemerintah Indonesia dengan Jepang saat itu. Jadi sebelum rombongan Pemerintah Jepang datang ke Papua, mereka sudah melakukan pertemuan sebelumnya di Jakarta bersama pemerintah Indonesia.

Jadi begitu guys, bagaimana apakah ada yang sudah pernah melihat bunker itu? 


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.