Header Ads

Jadi Jutawan Cuma Modal Nulis

Bocah 13 Tahun, Pengusaha di Silicon Valley


Shubham Banerjee Pengusaha muda Braigo
Shubham Banerjee Pengusaha muda Braigo
Plinplan.net - Memang tidak ada batasan  umur untuk menjadi sukses, seperti kisah inspiratif berikut ini. Shubham Banerjee bocah berusia 13 tahun yang menjadi pengusaha termuda di Silicon Valley. Wow bagaimana ceritanya yah sobat planner ? dan seperti apa usahanya ?

Shubham Banerjee masih berusia 13 tahun, namun kemauan untuk membuat sesuatu yang berguna sangat besar. Shubham Banerjee melihat potensi itu pada alat untuk mencetak  Braille dengan biaya yang sangat terjangkau.


Kenapa Shubham Banerjee ingin mengembangkan alat tersebut ? pada awalnya Shubham Banerjee membuat printer braille yang terbuat dari lego loh sobat planner. Alat ini akan di gunakan untuk mengikuti pameran ilmu pengetahuan di sekolah Shubham. Inspirasi awal adalah ketika Shubham bertanya kepada orang tuanya, "bagaimana cara orang buta membaca tulisan?". Namun, sang ibu justru langsung menyarankan Shubham untuk mencari jawabannya di situs pencari Google.

Setalah mencari di Google, Shubham Banerjee menemukan bahwa ada sebuah alat yaitu printer braille yang digunakan untuk membantu orang buta agar bisa membaca tulisan. Namun Shubham tercengang ketika melihat harga yang dibandrol untuk satu buah alat printer braille tersebut yang mencapai 2 ribu dolar Amerika atau jika dirupiahkan setara dengan Rp 25.000.000,-. Wih sangat mahal banget yah sobat planner ?

Nah Shubham Banerjee berencana ingin membuat printer Braille yang terbuat dari lego Mindstorms EV3 dan menekan biaya agar mendapatkan harga yang sangat rendah. Target yang ingin dicapai Shubham adalah dengan harga 350 dolar Amerika saja. 

Shubham terus mengembangkan printer ciptaannya tanpa mengenal lelah, bahkan hingga larut malam. Sampai Shubham Banerjee mencoba mendemostrasikan hasil buatannya. Tujuan Shubham Banerjee adalah agar semua orang yang memiliki kendala pada penglihatannya bisa membaca dengan braille yang dicetak menggunakna printer buatannya ini.

Shubham Banerjee Pengusaha muda Braigo
Shubham Banerjee Pengusaha muda Braigo

Setelah printer ini mulai diperkenalkan, Shubham akhirnya memulai membuat produknya lagi yang diberi nama Braigo atau Braille Lego. Braigo Labs menggunakan modal awal 35.000 dolar Amerika yang merupakan investasi dari Ayahnya sendiri.

Ayah dan Ibu Shubham Banerjee sangat mendukung akan proyek yang dijalankan oleh putra ksesayangannya itu.

Shubham Banerjee menggunakan chip intel pada produk printer Braigo hasil ciptaannya. Karena hal ini dan manfaat dari alat ini yang sangat besar sampailah kabar ini kepada pejabat tinggi Intel Corp. Alhasil, Intel memberikan investasi yang diklaim Shubham Banerjee adalah pengusaha termuda yang mendapatkan investasi dari Intel Corp. WOW keren yah sobat planner.

Shubham Banerjee sungguh luar biasa, namun Shubham masih sangat muda untuk menjabat sebagai CEO dari Braigo  Labs ini. Akhirnya, sang Ibu lah yang menjabat sebagai CEO untuk sementara waktu hingga Shubham cukup usianya untuk memegang prusahaannya sendiri. 

Uniknya sang Ibu justru tadinya tidak begitu mendukung niat sang putra untuk melakukan proyek yang kini menjadi perusahaan yang terdapat Intel Corp di dalamnya. WOW.. !!

Sobat planner punya ide apa nih ? siapa tahu bisa memberikan solusi untuk masalah yang sedang dihadapi masyarakat Indonesia. 

Cayo .... 




Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.