Header Ads

Jadi Jutawan Cuma Modal Nulis

Sejarah Papan Keyboard QWERTY

Sejarah Papan Keyboard QWERTY
Mesin Tik Mekanik

Plinplan.net - Hallow guys, jumpa lagi bersama si writer (halah..). Hehe... Guys ngomong-ngomong sekarang ngetiknya pake keyboard apa nih ? ada yang sesuai abjad ga ? kecuali HP yang dahulu yah, yang belum smartphone hehee... Kalau sekarang saya jamin pasti rata-rata nih sudah pake keyboard qwerty. 
Nah kenapa si disebut keyboard qwerty dan kenapa juga harus seperti itu, kok ga sesuai abjad aja ? Emm.. yuk kita lihat sejarahnya kebelakang meskipun sekarang sudah pada move on yah. hehehe..

Pada zaman dahulu, tepatnya pada tahun 1960 ketika itu masih menggunakan mesin ketik yang mekanik itu loh guys. Awalnya pada mesin mekanik tersebut susunan keyboardnya sesuai dengan abjad / alfabet guys dan kesemuanya disusun 2 baris secara berurutan.

Keyboard dahulu
Keyboard dahulu

Em pada saat itu orang yang baru saja mengetahui dan menggunakan mesin itu sangat mudah menghafal dan menggunakannya karena sangat mudah mencari alfabet ketika akan mengetik. Namun nih guys, terjadi kesulitan pada saat mengetik dengan cukup cepat. Karena, susunan mesin tik mekanin tebuat dari tuas-tuas per mekanik. Pada saat mengetik terlalu cepat, susunan huruf yang berdekatan membuat tuas-tuas huruf di mesin terkadang macet guys. Itu masalahnya...

Christoper Latham Sholes
Christoper Latham Sholes

Pada tahun 1869, seorang politikus yang bernama dan penemu amatir asal Amerika Serikat bernama Christoper Latham Sholes mengenalkan susunan alfabet baru pada keyboard. Susunannya yaitu dengan mengacak huruf tersebut yang disusun sperti Qwerty tersebut guys. Nah, susunan yang seperti ini ternyata mampu mengurangi resiko macet saat mengetik.

Emmmm, namun ternyata yang seperti ini dikeluhkan oleh penggunanya, karena mereka merasa kesulitan saat mengetik dan tidak terbiasa karena harus mencari huruf yang sudah diacak.

Tapi apa mau dikata guys, karena masalah ini hanya membutuhkan kebiasaan saja, akhirnya E. Remington & Sons memproduksi mesin  ini yang pertama kali dalam jumlah banyak yang diberi nama "Remington 1"  Ok yang pertama ternyata masih belum banyak yang berminat nih guys, karena memang pengguna mesin tik saat itu masih sedikit, Setelah 4 tahun kemudian barulah ketika Mesin tik "Remington 2" keluar, akhirnya banyak yang menggunakan guys dan mendapat sambutan yang baik di masyarakat.

Dan Reminton berhasil membuat keyboard qwerty ini menjadi populer di masyarakat bahkan di dunia, karena sebagian pesar penduduk bahkan mungkin semuanya sudah menggunakan keyboard qwerty hingga sekarang. Iyah gak guys....

Keyboard QWERTY
Keyboard QWERTY

Oke seperti dilansir dari jpnn, bahwa sebagian besar orang di dunia melakukan aktifitas dengan menggunakan tangan kanan sebagai yang utama. Artinya hanya minoritas yang menggunakan tangan kiri (kidal), seperti yang tertuang dalam buku International Encyclopedia Of Ergonomics And Human Factors. 

Nah tapi nih guys menurut penelitian dalam mengetik kata-kata di dunia ternyata lebih banyak diketik menggunakan tangan kiri loh guys. Sadar gak ? Memang sih ini semua juga tergantung dari bahasa yang digunakan.

Nah bagaimana dengan bro and sista apakah sudah mahir dan memiliki kecepatan extream dalam mengetik ?


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.