Header Ads

Jadi Jutawan Cuma Modal Nulis

Koneksi Internet Dengan Kecepatan 100 Gbps dengan Lifi

Koneksi Internet Dengan Kecepatan 100 Gbps dengan Lifi
Koneksi Internet Dengan Kecepatan 100 Gbps dengan Lifi

Plinplan.net - Jika wifi mungkin sudah banyak kita dengar yah bahkan mungkin sering sekali kita gunakan dalam kehiduan sehari-hari yah sob. Nah temen-temen sudah tahu kan bagaimana wifi itu ?. Nah, seiring perkembangan zaman nih guys, kebtuhan internet pun semakin lama semakin menjadi. Contohnya adalah mengenai speed / kecepatan akses internet.

Mungkin sekarag sobat sudah mulai jengah dengan kelemotan atau speed yang sangat lambat ? Padahal dibanding dahulu masih lebih baik sekarang kan ?. Wifi sekarang mampu mentransfer data hingga 7 Mbps.  Apalagi untuk yang akan datang. Jika disebutkan kedepannya mampu mengakses kecepatan internet hingga 100 Gbps bagaimana ?

Cukup masuk akal jika memang manusia benar-benar serius ingin mengembangkannya. Nah, hal ini terjadi secara nyata loh guys. Seperti yang dilakukan oleh peneliti Oxford University. 

Peneliti mengembangkan koneksi internet dengan kecepatan yang sangat luar biasa mas bro and sist. Kecepatan yang diklaim mampu mencapai 100 Gbps. WOW ! Koneksi ini diberi nama "Lifi". 

Bagaimana sih cara  kerjanya ?

Ternyata Lifi menggunakan media cahaya nih guys, cahaya sebagai pengantar data dikabel serat optik diambil, diperkuat, dan setelah itu dipancarkan secara nirkabel. Yah miriplah dengan wifi yah guys

Peneliti sudah melakukan uji coba untuk mentransfer data. Ternyata, hasilnya cukup mencengangkan karena mampu menyentuh angka 100 Gbps. Wih ... 

Untuk menggunakan koneksi Lifi ini yang perlu dipersiapkan ada "base station" yang dipasang bisa dilangit-langit ruangan. Nah base station ini nantinya akan memacarkan dengan media cahaya, dan diterima oleh komputer. 

base station Lifi
base station Lifi

Namun perlu diperhatikan karena menggunakan cahaya maka posisi antara base station dengan komputer harus berada dalam satu garis lurus. Yah macem seperti teknologi infrared gitu. 

Yah walhasil juga, jika seperti inframerah berarti komputer tidak bisa dipindah-pindah guys. Yah ini si kekurangan lifi. Namun, jika dilihat dari kecepatan yang dihasilkan sepertinya memang cukup worted lah. Siapa tahu kedepannya akan ada teknologi yang lebih praktis lagi. Kita support para peneliti oxford ini yah guys.

Cayoo .... Indonesia juga jangan mau kalah hehehe.. Semangat .!!


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.