Header Ads

Jadi Jutawan Cuma Modal Nulis

Asal Mula "PAYUNG" Itu Romantis

Asal Mula "PAYUNG" Itu Romantis
Asal Mula "PAYUNG" Itu Romantis

Meskipun si writer lapar namun aksi menulis tidak pernah gentar. hehe.... Lihat artiker menarik boleh juga untuk dishare kepada sahabat planner yang baik hatinya (kata Mario Teguh). 

Gaes ! Tahu asal usulnya payung ga ? Jika anda tahu pasti akan bilang wiiiihh romantissss. Yang belum tau pasti tanya kenapa ?. Oke kita mulai saja ceritanya. Pada zaman dahulu nih gaes lamanya sekitar 3500 tahun yang lalu (buset sekarang aja masih tahun 2015) maksudnya sebelum masehi, ada seseorang yang bernama Lu Ban membuat payung pertamanya.

Kita kenalan dulu sama Lu Ban gaes. Lu Ban ini lahir di Tiongkok (dulu ga ada KTP) pada tahun 507 sebelum masehi. Yang bikin keren adalah Lu Ban ini seorang tukang kayu, filsuf, penemu, negarawan dan beliau itu merupakan Santo pelindung pembangunan Tiongkok gaes.

Lu Ban mempunya seorang istri yang bernama Yun (Bukan yuni). Jadi ceritanya itu yah Yun ini adalah istri yang sangat baik hatinya. Ketika suami (Lu Ban) sedang bekerja di luar yang bahkan itu sedikit jauh dari rumah, Yun rela mengantarkan makanan untuk sang suami tercinta. Yah, kalau sekarang mungkin enak ada motor, mobil atau mungkin mau anter makanan pakai pesawat juga bisa kalau mau, ya ga gaes.

Pada suatu ketika, tibalah musim penghujan. Yun yang terbiasa mengantarkan makanan untuk sang suami tercinta pun tetap mengantarkan makanan tersebut sehingga badan Yun basah kuyup. Sang suami melihat istri tercintanya basah kuyup demi dirinya membuat Lu Ban mulai mencari cara bagaimana mendapatkan solusi agar Yun tidak basah kuyup lagi.

Nah, pertamanya nih gaes, Lu Ban mempunya ide yaitu dengan membuat paviliun sepanjang jalan. Em, kalau jauh tempat kerjanya maka pannjang juga paviliun yang dibangun. Pastinya ini tidak akan praktis dan efektif. Akhirnya Lu Ban pun mencari ide lain yang lebih praktis untuk istri tercintanya.

Payung kertas
Payung kertas

Suatu ketika dia (Lu Ban) ini sedang jalan-jalan. Dia melihat ada anak-anak sedang bermain. Namun, karena hujan mereka menggunakan daun teratai untuk menutupi kepala mereka. Cliiingg, muncullah ide Lu Ban. 

Ia mulai membuat rangkaian-rangkaian fleksibel dari kayu yang sudah diolah, kemudian rangkaian tersebut ditutupi dengan kertas untuk menangkal air hujan. Nah, selanjutnya dioleskanlah lilin di atas permukaan kertas tersebut agar lebih awet lagi. Jadilah payung pertama di dunia yang dibuat oleh Lu Ban.

Sang istri yang menerimanya pun jadi senang, karena payung tersebut lebih praktis dan mudah dibawa. Pada awalnya Lu Ban memberi nama sÇŽn yang dalam bahasa Inggris artinya Umbrella. Dan Umbrella sendiri diambil dari bahasa Latin â€•umbra   yang artinya bayangan.

Jadi gitu gaes ceritanya. Huft haft capek ngetik terus. ... Bagaimana ? Romantis ga ?

  

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.