Header Ads

Jadi Jutawan Cuma Modal Nulis

Penjualan Smartphone Berbasis Platform Baru Akan Meningkat di 2015

Di tengah dominasi Android dan iOS, platform-platform baru bakal semakin unjuk gigi di tahun 2015, seperti Tizen, Saifish, dan Firefox OS. Platform-platform ini diyakini bakal menjadi 'kuda hitam' di tengah upaya Windows Phone dan BlackBerry 10 menandingi dominasi Android dan iOS.

“Dengan melihat perkembangan platform baru yang begitu pesat, diperkirakan penjualan platform terbaru ini akan meningkat secara signifikan pada tahun 2015, hal ini diperoleh dari dukungan permintaan dari pengguna smartphone," begitu pernyataan dari lembaga pengamat industri Gartner seperti dikutip Digitaltimes, Selasa (30/12/2014). Hal di atas terbukti dari Ratio fitur ponsel terhadap total pengiriman ponsel secara global sebanyak 34% pada kuartal ketiga 2014, dan diharapkan dapat naik ke level 10% pada tahun 2018.

Gartner juga mengungkapkan adanya kesenjangan harga yang tak terlalu jauh antara smartphone dan fitur ponsel, menjadi alasan utama untuk pengguna feature phone beralih ke smartphone.Adanya perpindahan feature phone ke smartphone juga berasal dari adanya keputusan Microsoft Mobile untuk keluar dari sektor feature phone, sehingga mendorong para pembuat handset menuju smartphone dengan perbagai platform yang ditawaran.

Menyoalkan harga, produk dengan tiga platform ini, dibanderol berkisaran US$ 100 atau setara dengan Rp 1,3 juta, dimana para vendor yang melakukan kerjasama yaitu ZTE, TCL, Huawei, dan vendor chiset Spreadtrum Communication untuk pasokan ponsel berbasis OS Firefox.
Dalam kerjasama dengan operator telekomunikasi regional, pasokan ponsel OS Firefox telah tersedia dalam 14 model untuk 30 pasar, dan bahkan beberapa model telah tersedia di Filipina dan India dengan harga US$ 30 atau sekitar Rp 400 ribu.

Vendor lainnyanya, Google juga telah mempromosikan standar Android One smartphone dengan bekerjasama bersama Micromax, serta mulai menjualnya di pasar India. Tak hanya kerjasama dengan Micromax, raksasa internet ini juga berencana menggandeng chipset Qualcomm dan MediaTek serta vendor handset seperti HTC, Asus, dan Lenovo untuk mengembangkan generasi ponsel Android One, yang diharapkan akan meluncur di semester pertama tahun 2015.

Sementara itu, Samsung diperkirakan akan meluncurkan Tizen pertama pada Samsung Z1 pada awal 2015, dimana akan membawa spesifikasi layar 4 inci, prosesor dual-core 1,2 Ghz dengan harga berkisar US$ 100 atau sekitar Rp 1,3 juta.

Sumber : www.jeruknipis.com

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.