Header Ads

Jadi Jutawan Cuma Modal Nulis

Memulihkan File dari SD Card yang Rusak

Memulihkan File dari SD Card yang Rusak

SD Card merupakan media penyimpanan penting dalam sebuah ponsel. Anda bisa menyimpan berbagai file termasuk foto, video, dan lain sebagainya. Namun apabila SD Card tersebut mengalami korup atau rusak sehingga mengakibatkan file-file penting tidak bisa dibuka atau tidak bisa digunakan sebagaimana mestinya, hal ini tentu sangat menjengkelkan. Namun apabila itu benar-benar terjadi, anda tidak perlu panik, karena ada solusinya.
Artikel ini menitikberatkan pada pemulihan file-file foto yang tidak bisa dibuka akibat SD Card pada ponsel anda berhenti bekerja. Namun demikian, pada kasus-kasus yang lain, prinsipnya hampir sama.

Tips Memulihkan File Akibat SD Card Rusak/Korup

Pertama-tama, jangan mem-format SD Card anda jika ingin mempertahankan foto-foto di dalamnya, terlebih jika foto tersebut merupakan file yang penting bagi anda. Sampai disini, anda akan membutuhkan bantuan aplikasi pihak ketiga. Aplikasi yang disarankan adalah ZAR (Zero Assumption Recovery). Selain ZAR, anda juga bisa menggunakan aplikasi lainnya yang sejenis. Alasan mengapa ZAR direkomendasikan karena aplikasi ini gratis dan sudah terbukti mampu mengatasi permasalahan seperti ini.
  • Install ZAR, kemudian masukkan SD Card yang rusak ke card reader PC atau laptop anda. Jalankan ZAR. (Anda sebaiknya menonaktifkan software terkait security PC atau laptop anda dan juga menonaktifkan koneksi internet).
  • Bila diminta, klik pilihan Image Recovery (Free). Pilihan ini akan membantu anda untuk memulihkan file yang rusak dari kartu SD anda.
  • ZAR sekarang akan mencari perangkat yang diinstal. Kemudian arahkan/tujukan pada SD Card yang bermasalah. Pilih disk yang benar, kemudian klik Next. ZAR sekarang akan menganalisis SD Card anda. Tunggu beberapa saat, dan anda akan melihat daftar file-file yang telah dipulihkan.
Satu hal penting adalah anda akan diminta memilih folder tujuan untuk file-file yang telah pulih. Sebaiknya anda memilih untuk menyimpannya di hard disk PC atau laptop anda, dan jangan simpan kembali file-file tersebut ke dalam kartu SD anda yang rusak atau korup.

credit : http://www.infogadget.biz/

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.