Header Ads

Jadi Jutawan Cuma Modal Nulis

Lima Smartphone Paling Laku di Indonesia sepanjang 2014

Merek Cina semakin curi perhatian.



Smartphone, atau telepon seluler pintar, kian marak digunakan di Indonesia. Menurut data perusahaan riset pasar IDC, di tiga kuartal pertama 2014 persentase pengguna ponsel pintar dibanding featured phone atau ponsel konvensional sudah di angka 52 persen berbanding 48 persen.

IDC menyebutkan bahwa sepanjang tiga kuartal pertama 2014, sudah 17,76 juta unit ponsel pintar yang dikapalkan ke Indonesia. Diperkirakan jumlah ponsel, gabungan smartphone dan featured phone, yang dijual di Tanah Air sebelum kuartal terakhir 2014 sudah lebih dari 40 juta unit.

"Tahun ini jumlah smartphone yang dikapalkan mengalami pertumbuhan 81,50 persen dari 2013," kata analis IDC, Fajar Jaman dalam korespondensi surat elektronik dengan suara.com.

Berdasarkan data Kementerian Perdagangan, hingga Desember 2014 jumlah ponsel secara umum yang diimpor ke Indonesia berjumlah 50,6 juta unit atau senilai 3,03 miliar dolar Amerika Serikat (sekitar Rp37,6 triliun).

Fajar juga mengatakan bahwa pasar smartphone Indonesia pada 2014 mulai disesaki oleh merek-merek Cina yang mulai menarik perhatian dan minat pengguna ponsel pintar di Tanah Air. Ia menyebut beberapa merek Cina yang mulai sukses di Indonesia, seperti Lenovo, Oppo, dan Xiaomi.

"Sebelumnya produk Cina dicitrakan sebagai barang murah dan kurang berkualitas. Namun karena vendor Cina sekarang mampu membuktikan kualitasnya dan menggunakan spesifikasi yang tinggi dengan harga murah, brand Cina tersebut dapat diterima dengan baik oleh konsumen Indonesia," jelas Fajar.

Menurut IDC dari lima merek smartphone yang paling populer di Indonesia sepanjang 2014, ada juga merek Cina yang masuk di dalamnya. Berikut adalah kelima merek ponsel yang paling laris sepanjang 2015 (diurutkan secara acak, bukan berdasarkan tingkat popularitas):

1. Samsung
2. Advan
3. Smartfren
4. Evercoss
5. Lenovo

Sementara untuk telepon konvensional atau featured phone, berikut adalah lima merek yang paling laku di Indonesia:

1. Microsoft (sebelumnya Nokia)
2. Evercoss
3. Mito
4. Samsung
5. Advan.

credit : www.suara.com

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.