Header Ads

Jadi Jutawan Cuma Modal Nulis

Alat ini bisa buat manusia tetap hidup meski tanpa jantung


Seorang pria berusia 24 tahun bernama Stan Larkin bisa bertahan hidup meski tanpa jantung dengan bantuan alat bernama SynCardia.

Larkin sendiri harus terkena serangan jantung di tahun 2007 kala sedang bermain basket hingga dilarikan ke Rumah Sakit Ypsilanti, Michigan. Dia didiagnosis terkena displasia ventrikel kanan, yang menjadi penyebab umum kasus kematian mendadak pada atlet.

Para dokter pun mencoba membuat jantung Stan Larkin tetap stabil, hingga ahli bedah memasukkan alat defibrillator ke jantungnya. Namun, kondisi Larkin makin memburuk hingga pada 7 November, ahli bedah akhirnya mengambil jantungnya dan diganti perangkat portabel Syncardia.

Syncardia sendiri merupakan jantung buatan ciptaan para peneliti di University of Michigan Health System. Dengan berat hanya 6kg, jantung ini bisa membuat Larking beraktivitas seperti biasa hingga akhirnya mendapat donor jantung untuk ditransplantasi.

"Perangkat portable yang ada di tubuh Stan adalah SynCardia, sebuah jantung buatan sementara berupa pompa mekanik untuk menopang hidupnya sebelum transplantasi," kata ahli bedah jantung Jonathan Haft dari University of Michigan, seperti dilansir Softpedia (12/1).

Meski Stan Larkin kini bisa melakukan aktivitas sehari-hari dengan normal berkat bantuan Syncardia, namun dirinya tetap bakal menunggu untuk mendapatkan donor jantung untuk melakukan transplantasi.

"Dia masih terdaftar dalam program transplantasi jantung dan kami berharap untuk transplantasi ini bisa secepatnya dilakukan kala organ tersedia. Sementara ini dia bisa berada di rumah, beraktivitas secara normal, dan terus merehabilitasi dirinya sehingga bisa dalam kondisi terbaik ketika kesempatan (transplantasi) itu datang." tambahnya Jonathan Haft.

Lihat videonya ada di sini
via merdeka.com

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.