Header Ads

Jadi Jutawan Cuma Modal Nulis

7 Trik jitu optimalkan performa smartphone tanpa harus di'root'!

7 Trik jitu optimalkan performa smartphone tanpa harus di'root'!
7 Trik jitu optimalkan performa smartphone tanpa harus di'root'!

Proses root atau 'pembebasan' akses sistem operasi Android bagi beberapa orang mutlak dibutuhkan untuk memaksimalkan performa dan potensi smartphone. Namun, tidak setiap pengguna ingin smartphone mereka di-root.

Berbagai kelemahan rooting seperti smartphone mati total, kerawanan terhadap virus, hingga hilangnya garansi menjadi mimpi buruk.

Bagi Anda yang termasuk golongan pengguna yang belum mau smartphone-nya di-root, ada beberapa tips dan trik mudah yang bisa dipakai untuk meningkatkan performa smartphone. Meskipun optimalisasi belum bisa setara dengan rooting, trik-trik berikut patut dicoba di rumah.

1. Hidupkan ulang (restart) smartphone secara berkala


Cara ini dapat membuat cache atau data sisa kegiatan online aplikasi-aplikasi terhapus. Smartphone yang sudah dihidupkan kembali akan terasa lebih cepat dan tidak mudah lag, meski Anda menginstal banyak aplikasi.

2. Jangan instal banyak aplikasi


Setelah membeli smartphone, sebaiknya Anda melihat batas kemampuan smartphone dari spesifikasi yang dibawanya. Dengan begitu Anda bisa tahu jumlah aplikasi ideal atau aktivitas yang bisa dijalankan oleh smartphone.

Ingat memberi beban pada smartphone justru membuat performanya semakin turun.

3. Selalu update OS Android


Rajin mengupdate OS Android atau ROM yang disediakan oleh pabrikan. Update OS dan ROM Android biasanya akan memberikan banyak pembaruan yang membuat performa smartphone lebih baik dan stabil.

4. Hindari instal terlalu banyak aplikasi


Semakin banyak aplikasi yang Anda pasang, secara otomatis akan ada banyak memori yang harus dipakai dan akhirnya membuat smartphone semakin lambat. Oleh sebab itu, selalu pasang aplikasi yang benar-benar Anda butuhkan saja.

via merdeka.com


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.