Header Ads

Jadi Jutawan Cuma Modal Nulis

Menkominfo Tantang Path Pindahkan Kantor ke Indonesia


Path memang sudah berniat untuk berkantor di sini.

Kedatangan pendiri Path, Dave Morin beberapa waktu lalu ternyata digunakan untuk bertemu Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara. Menteri Rudiantara mengajak Path untuk mau memindahkan kantornya ke Indonesia.

Hal ini diungkapkan Menkominfo dalam diskusi di Jakarta, Kamis 11 Desember 2014. Pertemuan Menkominfo dengan petinggi Path berlangsung akhir pekan lalu. Menurut Menkominfo, Indonesia memiliki bargaining position yang kuat di Path, sehingga wajar jika dia menawarkan hal itu.

"Kita punya posisi tawar yang tinggi. (Dave) Morin sendiri yang bilang saat ditanya bagaimana posisi Indonesia di Path. Dia (Morin) bilang Indonesia cukup berkontribusi. Makanya saya tawarkan, why don't you moved your office from Silicon Valley to Indonesia? Tell me what you need. I'll help you," tutur Rudiantara bercerita pertemuannya dengan CEO Path Sabtu lalu.

Dalam percakapan itu, Menkominfo melakukan pendekatan dari sisi bisnis. Sebab, memindahkan kantor ke Indonesia akan berimbas cukup luas ke negara ASEAN.

"Saya yakinkan bahwa kantor di Indonesia tidak hanya memberikan keuntungan bagi para pengguna Path di sini, tapi juga di beberapa negara ASEAN, khususnya Singapura dan Malaysia yang menerima Bahasa Inggris sebagai bahasa sehari-hari," ujar Rudiantara.

Rudiantara juga menawarkan bantuan kepada CEO Path itu, hanya jika mereka berkomitmen untuk memberikan timbal balik kepada Indonesia. Meski belum memastikan kapan Path akan memindahkan kantornya ke Indonesia, Rudiantara sangat yakin jika Path berniat sekali untuk lebih fokus menggarap pasar Indonesia.

"Mereka sudah mau. Kan market-nya 80 persen berasal dari Indonesia. Dan saya menawarkan, jangan lihat market Indonesia saja, tapi juga ASEAN," paparnya.

Dikatakan Rudiantara, jika memang terbukti nantinya Path berada di Indonesia, hal ini bisa menjadi role model untuk diterapkan kepada pemain lain.

"Ini kan salah satu case, dan bisa dijadikan role model. Kita bicarakan juga dengan yang lain untuk bisa mengikuti jejak Path di Indonesia nanti," ujar Menkominfo.

Sebelumnya, Path memang telah mengutarakan niatnya untuk membuka kantor di Indonesia, bukan memindahkannya dari Silicon Valley ke sini.

"Mungkin awal Januari tahun depan kantor tersebut akan dibuka," ujar Shehab Hamad, Product Manager Path kepada VIVAnews pertengahan November lalu. (art).


Sumber : viva.co.id

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.