Header Ads

Jadi Jutawan Cuma Modal Nulis

Kepolisian AS Ganti SIM dengan Aplikasi Smartphone

SIM di smartphone 


Penggunaan perangkat smartphone sudah sangat masif, terutama di negara maju seperti Amerika Serikat (AS). Nah, ada kabar menarik dari salah satu negara bagian di AS mengenai aplikasi Surat Ijin Mengemudi (SIM) di perangkat smartphone.

Seperti dilaporkan oleh Wall Street Journal, bahwa pemerintah negara bagian Iowa, AS sedang mengembangkan inovasi baru untuk membuat aplikasi SIM yang bisa diinstall di perangkat smartphone, baik itu di iPhone maupun Android.

Namun aplikasi SIM yang disiapkan pemerintah Iowa tersebut tidak untuk menggantikan kartu SIM fisik seperti yang selama ini digunakan. Sebab aplikasi SIM itu hanya akan menjadi pelengkap SIM fisik yang telah dimiliki setiap pengemudi.

Lantas apa fungsi utamanya? Aplikasi SIM yang akan bisa digunakan di iPhone ataupun smartphone Android itu akan difungsikan untuk lebih memudahkan polisi mengenali pengemudi dan keaslian SIM.

Dengan begitu, nantinya saat pengemudi menunjukkan SIM virtualnya, maka aplikasi tersebut memblokir seluruh notifikasi. Dan untuk melakukan pemeriksaan, polisi tidak perlu memegang ponsel si pengemudi, karena mereka cukup mengeceknya dengan scanner.
Rencananya aplikasi SIM ini sebenarnya akan mulai dirilis pada awal 2015. Namun karena terkait security dan privasi yang sangat kompleks, pemerintah Iowa menunda rencananya hingga beberapa waktu mendatang.

sumber : www.telsetnews.com

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.