Header Ads

Jadi Jutawan Cuma Modal Nulis

Jika Robot dengan Bentuk Manusia Sudah Biasa, Bagaimana dengan Robot Berhati Manusia?



Kemajuan pada bidang teknologi yang sangat pesat dari tahun ke tahun, terkadang meninggalkan sebuah misteri dari beragam pertanyaan. Pertanyaan yang acap kali terdengar adalah, akan sejauh mana teknologi ini berkembang?
Sobat tentu mengetahui, bahwa Jepang adalah salah satu negara di dunia yang mengalami kemajuan teknologi dengan sangat pesat. Salah satu teknologi yang populer di negeri sakura ini adalah hadirnya sosok-sosok robot yang digunakan untuk membantu para pengguna meringankan pekerjaan. Namun, bagaimana jika hadir sosok robot yang benar-benar menyerupai manusia? Bahkan dengan kemampuan untuk berkedip dan mengerutkan bibir? Dan mungkinkah para robot tersebut memiliki hati layaknya seorang manusia?
Dikutip oleh tim  dari Fastcoexist, Senin(29/12/2014), Luisa Whitton seorang fotografer yang tertarik dengan dunia robotik, tengah melakukan penelitian yang bekerja sama dengan Hiroshi Ishiguro salah seorang ahli di bidang robotik asal Osaka, Jepang. 
Bersama-sama mereka meneliti dan mengembangkan robot silikon dengan bentuk manusia yang terus mengalami perubahan, serta meneliti garis batas imaji antara hati sebuah robot dengan manusia. Menilik pada percobaan robot yang cukup berhasil yang dilakukan Ishiguro sebelumnya, dengan menciptakan replika dirinya sendiri berupa sebuah robot yang diberi julukan Geminoid, menimbulkan beragam tanya, apakah penelitiannya kali ini bersama Whitton akan membuahkan hasil memuaskan juga? 
"Saya awalnya tertarik pada aspek luar biasa dan surealistik dari cerita yang disampaikan oleh Ishiguro. Dan daerah robotika ini, khususnya di Jepang, memiliki reputasi produktif dalam mendorong batas-batas antara ilmu pengetahuan, seni dan juga filsafat," ujar Whitton seperti yang dikutip
Sejauh ini, Whitton dan Ishiguro masih melakukan proses pengumpulan dana untuk melanjutkan penelitian mereka. Hingga saat ini, baik Whitton maupun Ishiguro belum melanjutkan penelitian yang mereka lakukan, karena terbentur pada masalah pendanaan yang mereka butuhkan. Bagaimana kira-kira perkembangan dari penelitian ini kedepannya? 

sumber : www.jeruknipis.com

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.