Header Ads

Jadi Jutawan Cuma Modal Nulis

Ini enaknya memakai Android dibanding Iphone


JAKARTA – Tak bisa dipungkiri, iPhone merupakan smartphone apik dengan banyak poin plus. Namun bagi para fans fanatik Android, akan sangat sulit tergoda untuk beralih menggunakan iPhone karena tahu kelebihan dan keuntungan menggunakan Android.
Tulisan ini jelas tidak mengatakan bahwa iPhone itu jelek. Siapapun akan mudah tergoda melihat desain apik dan fitur-fitur canggih seperti Touch ID milik iPhone. Ini mungkin adalah ponsel yang tepat untuk banyak orang, tetapi bagi sebagian dari kita, pengalaman Android tidak dapat ditandingi.
Menggunakan analogi sederhana, iPhone adalah calon pasangan yang cantik. Tetapi bagi para fans Android yang senang mengutak-atik dengan smartphone-nya, tentu akan bisa merasakan perbedaan yang cukup banyak antara Android dan iPhone.
Well, tanpa bermaksud untuk berpromosi, tapi berikut ini poin-poin penting yang akan Anda lewatkan jika Anda pernah memutuskan untuk meninggalkan Android dan beralih ke iPhone.

1. Kostumisasi dan Pilihan

Android vs iPhone kostomisasi 

Ini menjadi nilai tambah terbesar bagi Android. Anda bisa dengan bebas mencampur dan mencocokkan setiap aplikasi dan widget untuk membuat tampilan yang unik di home screen smartphone Android. Anda bahkan bisa mengatur shortcut untuk widgets dan aplikasi pada lock screen. Selain itu, Anda juga memiliki aplikasi serta launcher third-party yang membolehkan Anda untuk mengkustomisasi setiap aspek dari keindahan, termasuk animasi dan layout.
Sementara di iPhone, Anda akan memiliki daftar dari aplikasi yang telah di install. Tapi Anda hanya bisa memilih gambar background serta membuat folder kumpulan aplikasi. Apple telah menambahkan semacam widgets pada Notification Center, tetapi itu berarti Anda harus menambahkan waktu untuk membukanya dan memilih tab Today untuk menemukannya.
Di Android juga memiliki berbagai macam widgets dan Anda bisa mengutak-atiknya dengan mengganti ukuran, warna, font, serta data yang ditunjukkan widgets. Kelebihan ini akan membuat Anda sulit untuk meninggalkan Android, terutama yang sering menghabiskan waktu mengutak-atik tampilan smartphone-nya.

2. Aplikasi dan Layanan Google

Android vs iPhone aplikasi Google 

Google telah “hadir” di iOS sejak iPhone pertama kali diluncurkan, meskipun telah secara bertahap diganti dalam beberapa tahun terakhir. Ada beberapa aplikasi seperti Google Keep yang tentu tidak akan Anda dapatkan di iPhone. Dan bila Anda ingin mendapatkan yang terbaik dari Google Now, Chrome, Gmail, Google Maps, dan banyak lainnya, maka tidak bisa tidak Anda harus menggunakan perangkat Android.
Hal ini menjadi semakin vital karena Google tampaknya ingin memberikan nilai lebih pada setiap versi Android terbarunya. Google terus berusaha meningkatkan kemampuan Android sebelumnya.

3. Drag & Drop Filling System

Android vs iPhone drag n drop 

Dengan perangkat Android Anda benar-benar dapat melihat struktur file, sesuatu yang sengaja tidak dimunculkan Apple. Anda biasanya akan menemukan file manager semacam pra-instal pada Android Anda, meski memang tidak banyak di Play Store yang gratis. Ini akan menjadi konsekuensi bagi sebagian orang, tapi banyak penggemar Android menikmati kemampuan untuk plug-in di ponsel atau tablet mereka, karena hanya tinggal drag dan drop file ke dalam folder sesuai yang diinginkan. 

4. Notifikasi

Android vs iPhone notifikasi 

Sistem pemberitahuan Android adalah yang paling mendekati sempurna, meski pendapat ini masih menjadi perdebatan. Tapi sejauh ini, notifikasi/ pemberitahuan di Android dinilai paling gampang dan tidak mengganggu. Karena Anda bisa mengatur daftar pemberitahuan yang masuk. Jika Anda merasa terganggu dan tidak ingin setiap notifikasi muncuk di layar, Anda dapat mematikan pemberitahuan. Anda juga dapat memilih untuk melihat mereka di layar kunci. Di Android 5.0 Anda malah bisa mengatur pemberitahuan prioritas yang penting bagi Anda.
Apple sebenarnya juga sudah membawa sistem serupa ke iOS 5 dengan meluncurkan Notification Center. Fitur ini bekerja dengan cara yang sama, namun tidak menawarkan beberapa pilihan kustomisasi. Alih-alih ikon di status bar Anda mendapatkan banner pop-up dan counter merah kecil di atas ikon aplikasi Anda. Ini juga dapat diakses dari layar kunci. Dengan iOS Anda memiliki tab di bagian atas, dan Anda akan menemukan widget di sini juga. Alhasil, Anda masih agak sibuk untuk melakukannya.

5. Pengaturan Defaults Aplikasi Android

Android vs iPhone aplikasi default 


Anda akan menemukan lebih banyak aplikasi di Android daripada di iOS. Sementara tidak banyak aplikasi Android yang tidak Anda temukan di App Store. Dan bagi pengguna Android, aplikasi yang tidak tersedia di iOS akan menjadi masalah besar bagi mereka.
Apple mungkin akhirnya memperkenalkan keyboard pihak ketiga pada iOS, namun Android memungkinkan Anda mengatur alternatif aplikasi pihak ketiga sebagai default untuk segala macam hal. Anda bisa menggunakannya untuk aplikasi messaging, mengetik pencarian, browser, dan masih banyak lagi. Semua Anda yang menentukan, bukan Google.
Kontrol penuh ini yang menjadi alasan mengapa beberapa aplikasi Android, seperti Tasker, Light Flow, video player gratis yang bisa meng-handle semua format, emulator, dan lain-lainnya terkadang tidak akan Anda jumpai di iOS.

6. Rooting dan Modifikasi

Android vs iPhone rooting 

Perangkat Android sangat nyaman digunakan oleh pengguna yang memiliki pengetahuan atau rasa penasaran pada batas kemampuan rooting mereka. Anda dapat mengakses dan men-tweak (mengubah) apapun yang ada di perangkat Android untuk mendapatkan pengaturan sesuai keinginan Anda. Asyiknya, pengguna Android bisa bergabung dengan komunitas-komunitas modding yang banyak dijumpai di Internet. Forum XDA Developers adalah tempat terbaik untuk mulai mencoba mengeksplorasi kemampuan Anda.
Sementara dengan iPhone, Anda bisa melakukan jailbreak tetapi tidak akan pernah mendapatkan kontrol penuh seperti pada Android.

7. Banyak yang Bisa Dilakukan dengan Android

Android vs iPhone posibility 

Dengan iPhone Anda hanya akan menikmati pengalaman seperti yang diinginkan oleh Apple, jika Anda berniat untuk mengganti perangkat Apple lainnya. Fitur seperti Handoff hanya akan bekerja bila Anda memiliki Mac, iPhone dan iPad. Anda bahkan tidak bisa memakai charger sembarangan untuk mengisi ulang baterai iPhone Anda, tidak seperti Android, karena kabel charger yang sudah paten.
Ada banyak hal lain yang bisa dilakukan dengan Android, tergantung mana yang Anda pilih. Sementara pilihan di iPhone sangat terbatas. Misalnya, Anda bisa menambah kapasitas baterai yang bisa diganti. Anda bisa mendapatkan sebuah smartphone atau laptop dengan daya tahan baterai yang luar biasa dan bisa meningkatkan performa baterai dengan berbagai aplikasi yang telah tersedia di Play Store.
Well, intinya jika ada sesuatu yang tidak disediakan Android, biasanya ada cara untuk mendapatkannya. Kemudahan ini agak sulit Anda nikmati saat menggunakan iPhone.

............
sumber : www.telsetnews.com

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.