Header Ads

Jadi Jutawan Cuma Modal Nulis

Dengan LG HomeChat Anda Bisa 'Ngobrol' Sama Kulkas

image

Incheon - Smartphone kini tak hanya bisa digunakan sebagai alat untuk berkomunikasi antar manusia, tapi juga manusia dengan mesin. Adalah LG yang mewujudkan itu semua.
.
Perusahaan asal Korea Selatan itu memperkenalkan teknologi terbarunya berupa HomeChat, layanan pesan yang memungkinkan pengguna smartphone 'berteman' dan 'mengobrol' dengan perangkat elektronik di rumahnya.
.
Menggunakan jaringan WiFi, HomeChat menghubungkan smartphone dengan mesin cuci, microwave, air conditioner dan kulkas sehingga bisa dioperasikan dari jauh bahkan ketika pemiliknya berada di luar rumah.
.
�Layanan ini memanfaatkan aplikasi LINE sebagai media 'chatting', dimana pemilik rumah bisa memperlakukan perangkat elektronik layaknya asisten pribadi.
.
Untuk bisa mengoperasikan perangkat elektronik dengan smartphone, penyetelan secara manual harus dilakukan terlebih dahulu. Produk-produk LG yang memiliki fitur HomeChat perlu di-setting agar bisa terkoneksi dengan WiFi dan sinkron dengan smartphone.
.
Langkah selanjutnya adalah menambahkan ID LG Homechat di LINE sebagai teman. Sejak diluncurkan pertama kali di Korea Selatan pada April 2014, saat ini ID LINE LG HomeChat sudah memiliki lebih dari 22 ribu teman.
.
"Setelah add friend, Anda dan perangkat elektronik langsung bisa chatting," ujar Yong-joon Kim, Manajer LG Home Appliances User Expert Team saat presentasi HomeChat di LG Best Shop, Namdong-gu, Incheon, Korea Selatan, Rabu (3/12/2014).
.

Cukup dengan menuliskan 'matikan', 'nyalakan', 'saya sedang keluar rumah' atau 'setop', maka perangkat elektronik Anda akan beroperasi dengan sendirinya sesuai perintah.
.
Mengadopsi sistem Natural Language Processing (NLP), perangkat-perangkat pintar ini bisa mengenali ragam kata tanpa batasan selama disampaikan dalam bahasa baku dan masih terkait dengan perintah pengoperasian. Yang menarik, LG HomeChat juga memiliki beberapa koleksi sticker sehingga 'komunikasi' dengan mesin jadi lebih menarik.
.
"Ketika Anda mengetik 'apa yang sedang kamu lakukan?' pada kulkas misalnya, dia akan me-reply dengan informasi temperatur saat itu," jelas Yong-joon.
.
Pengguna smartphone dan perangkat LG HomeChat juga bisa memilih mode pengaturan sesuai kondisi keberadaannya; Vacation, Away dan Return-home.
.
Ketika pengguna menuliskan 'Away' yang berarti sedang keluar rumah maka jika sebelumnya mesin diatur untuk mati sendiri, maka dia akan mati secara otomatis begitu menerima pesan. Namun perintah ini hanya berlaku untuk mesin cuci, AC dan TV, sementara microwave untuk alasan keamanan perlu dimatikan secara manual.
.
HomeChat juga bisa memerintahkan mesin cuci untuk bekerja sendiri saat pengguna keluar rumah. Jika terburu-buru meninggalkan rumah sementara cucian masih menumpuk dan harus segera dicuci, cukup masukkan pakaian, deterjan dan pewangi ke dalam mesin cuci. Saat berada di luar rumah dan ingin pencucian dilakukan, Anda bisa mengirimkan pesan di LINE dengan 'mulai mencuci' dan mesin akan bekerja secara otomatis.
.
"Dengan mode I'm home, I'm away dan I'm on vacation, perangkat di rumah akan mengoptimalisasikannya sesuai kondisi Anda," tutur Yong-joon lagi.
.

Perangkat HomeChat memerlukan koneksi WiFi 24 jam agar bisa menjalankan fungsinya dengan baik. Saat ini produk yang telah ditanami teknologi ini adalah mesin cuci generasi terbaru, microwave oven, air conditioner, kulkas, televisi dan akan menyusul perangkat-perangkat lainnya.
.
Sayangnya layanan ini baru bisa dinikmati konsumen di Korea Selatan dan akan menyusul di Amerika Serikat dengan versi bahasan Inggris bulan depan.
.
Kapan layanan ini akan masuk ke Indonesia? Sepertinya Anda harus bersabar karena pihak LG pun belum bisa memberikan waktu pastinya. "Kami belum tahu," ujar Yong-joon.

..................
sumber: www.detik.com

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.