Header Ads

Jadi Jutawan Cuma Modal Nulis

China Mulai Operasikan Rute Kereta Cepat Terpanjang Di Dunia


Wah gan gila nih kereta kecepatannya, 300 km/jam klo di sini surabaya kutoarjo cuma sekitar satu jam aja. waaah ! Tapi klo di Indonesia Rel-nya mampu ga yah ? hehe, lo ada kereta begini  bisa pulang mudik tiap hari lah ... :)


Beijing - China mulai membuka operasional rute terpanjang di dunia untuk kereta cepat (bullet train). Dengan dibukanya rute baru ini, maka warga China bisa bepergian dari Beijing sampai ke Guangzhou hanya dalam waktu 8 jam dibandingkan dengan waktu sebelumnya yang menghabiskan 22 jam memakai kereta biasa.
Rute tambahan sepanjang 2.298 km yang melewati ibukota hingga ke bagian selatan China itu yang membuatnya memegang rekor sebagai jalur kereta cepat terpanjang di dunia. Sebelumnya, pada akhir 2010, rutenya membentang sepanjang 8.358 km.
China Central Television menyiarkan langsung keberangkatan perdana kereta cepat di jalur terpanjang di dunia itu dari Beijing West Railway Station. Para penumpang yang beruntung ikut dalam perjalanan perdana itu pun sudah siap dengan kamera masing-masing untuk mengabadikan momen.
Kereta ini bergerak dengan kecepatan hingga 300 km per jam. Terdapat total 35 stasiun yang dilalui kereta ini, termasuk Zhengzhou, Wuhan di Sungai Yangtze dan Changsha.
Menurut media lokal China yang dikutip AFP, Rabu (26/12/2012), tanggal 26 Desember sengaja dipilih untuk perjalanan perdana kereta cepat ini untuk menghormati hari kelahiran mantan pemimpin China Mao Zedong di 1893 lalu.
Kota Beijing-Guangzhou ini akhirnya terhubung rel kereta setelah jalur Zhengzhou ke Beijing rampung. Sebelumnya, rute yang menghubungkan Zhengzhou ke Wuhan dan Wuhan ke Guangzhou sudah beroperasi sejak lama.
Layanan kereta cepat di negeri tirai bambu ini sudah beroperasi sejak 2007 dengan rute sepanjang 8.358 km hingga akhir 2010. Rute ini diperkirakan masih akan berkembang menjadi sepanjang 16.000 km di 2020 nanti.
Sayangnya, rute dan operasional kereta cepat di China ini banyak diwarnai oleh berita negatif dan skandal, salah satunya adalah tabrakan Juli 2011 yang menewaskan 40 orang.

sumber : detik

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.